Sukses

Segarnya Berbuka Puasa dengan Es Kolak Durian Khas Medan


Es kolak ini sudah menjadi kuliner khas Medan yang tak hanya dicari saat Ramadan. Manisnya gula aren berpadu dengan keharuman buah durian.

Liputan6.com, Medan - Kolak menjadi santapan yang paling banyak dicari saat buka puasa tiba. Ada banyak jenis kolak di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya yang tak boleh dilewatkan adalah es kolak durian khas Medan.

Es kolak durian khas Medan memiliki rasa manis yang menyegarkan. Minuman ini dibuat dari campuran durian, ketan putih, pisang, dan siraman gula aren.

Mengutip dari indonesiakaya.com, es kolak ini sudah menjadi kuliner khas Medan yang tak hanya dicari saat Ramadan. Manisnya gula aren yang berpadu dengan keharuman buah durian membuat kolak durian begitu menggugah selera dan sangat cocok disantap untuk berbuka puasa.

Selain menggunakan daging buah durian sebagai bahan utama, kolak durian juga terbuat dari berbagai bahan lainnya. Bahan-bahan tersebut adalah ketan putih yang dikukus, kolak pisang kepok, jagung manis rebus, gula aren, dan santan kelapa.

Campuran bahan tersebut terasa semakin segar dengan tambahan es batu. Rasa manis yang menyegarkan dari minuman ini dapat menghilangkan dahaga setelah berpuasa satu hari penuh.

Para penjual minuman ini biasanya banyak dijumpai di pinggir-pinggir jalan Kota Medan, salah satunya di sekitar kampus Universitas Sumatera Utara (USU), Jalan Doktor Mansyur, Medan. Harga es kolak durian pun relatif terjangkau, yakni hanya sekitar Rp8.000 sampai Rp10.000 saja per porsinya.

Es kolak durian khas Medan sangat mudah dicari, sehingga semakin banyak orang yang menggandrungi sajian khas ini. Tak heran, jika minukan ikonik khas Kota Medan ini masih tetap eksis di tengah gempuran inovasi minuman masa kini.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.