Sukses

BMKG Minta Warga Waspadai Gelombang Tinggi di Perairan Sulut

BMKG mengeluarkan peringatan dini tinggi gelombang hingga 13 Maret 2024.

Liputan6.com, Bitung - Warga diingatkan agar mewaspadai tinggi gelombang 2,5 meter yang berpeluang terjadi di beberapa wilayah perairan Sulut dan sekitarnya. Hal ini disampaikan pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

"BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi hingga 13 Maret 2024," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Bitung Ricky D Aror pada, Minggu (10/3/2024).

Dia mengatakan pola angin dominan bergerak dari utara-timur dengan kecepatan berkisar antara 6-25 knot.

Kecepatan angin tertinggi berpotensi terjadi di Laut Sulawesi bagian timur serta perairan Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

“Kecepatan angin itu dapat menyebabkan terjadinya peningkatan tinggi gelombang di wilayah tersebut dan sekitarnya,” ujarnya.

Dia mengatakan, mengatakan tinggi gelombang antara 1,25-2,5 meter (sedang) berpeluang terjadi di Laut Sulawesi, perairan Kabupaten Kepulauan Sangihe, perairan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Tinggi gelombang seperti itu juga diperkirakan terjadi di perairan timur Kabupaten Kepulauan Siau-Tagulandang-Biaro (Sitaro), perairan Bitung-Likupang, dan Laut Maluku.

“Kami berharap warga yang melakukan aktivitas di wilayah-wilayah perairan dengan tinggi gelombang antara 1,25-2,5 meter agar berhati-hati dan memperhatikan keselamatan pelayaran,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.