Sukses

Lapas Kelas IIA Gorontalo Terendam Banjir, Ratusan Napi Pindah Blok

Kejadian ini memaksa pihak lapas dan aparat terkait untuk segera mengambil langkah-langkah darurat demi keselamatan para narapidana dan pegawai lapas.

Liputan6.com, Gorontalo - Hujan deras yang mengguyur wilayah Provinsi Gorontalo menyebabkan banjir di beberapa area, termasuk merendam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Gorontalo.

Kejadian ini memaksa pihak lapas dan aparat terkait untuk segera mengambil langkah-langkah darurat demi keselamatan para narapidana dan pegawai lapas.

Menurut laporan yang diperoleh Liputan6.com, air mulai memasuki area lapas sejak Kamis (07/03/2024) sekitar pukul 14:00 Wita. Dalam waktu singkat, ketinggian air mencapai sekitar 30 cm di beberapa bagian blok hunian.

Keadaan ini mengakibatkan sejumlah aktivitas di dalam lapas terhenti dan menimbulkan kekhawatiran akan keselamatan dan kesehatan para penghuni lapas.

Kepala Lapas Gorontalo Indra Mokoagow mengatakan, bahwa kondisi lapas saat ini aman terkendali. Para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang terdampak banjir telah dievakuasi ke blok lain yang tidak terendam.

“Alhamdulillah, semua Warga binaan dalam keadaan aman dan tidak ada yang terluka, kami telah memindahkan mereka ke blok yang tidak terendam,” kata Indra, Jumat (08/03/2024).

Indra menyampaikan, bahwa sekitar pukul 21.00 Wita kemarin, air sudah surut dan saat ini petugas bersama-sama dengan WBP sedang membersihkan area yang terdampak.

“Kami terus meningkatkan kewaspadaan untuk mengantisipasi potensi banjir, dengan melakukan monitoring dan kesiapsiagaan petugas,” tutupnya.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.