Sukses

Bakal Kembali Digelar, Ini 10 Fakta Menarik Piala Oscar

Pada 2024, Piala Oscar digelar untuk yang ke-96. Digelar oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS), Piala Oscar memiliki sejumlah fakta menarik di sepanjang penyelenggaraannya.

Liputan6.com, Yogyakarta - Ajang penghargaan tertinggi untuk insan perfilman dunia, Piala Oscar atau Academy Awards, akan kembali digelar tahun ini. Kali ini, Piala Oscar 2024 bakal digelar di Dolby Theatre Los Angeles pada 10 Maret 2024.

Ajang terpenting bagi insan perfilman Hollywood ini kali pertama digelar pada 1929. Saat itu, acara digelar dalam makan malam pribadi di sebuah hotel yang dihadiri oleh sekitar 270 orang.

Selanjutnya pada 1953, upacara penghargaan ini pertama kali ditayangkan di televisi. Kemudian mulai 1976, Piala Oscar disiarkan oleh stasiun TV American Broadcasting Company (ABC). Hingga sekarang, acara ini masih disiarkan secara langsung di lebih dari 200 negara.

Pada 2024, Piala Oscar digelar untuk yang ke-96. Digelar oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS), Piala Oscar memiliki sejumlah fakta menarik di sepanjang penyelenggaraannya. Mengutip dari berbagai sumber, berikut 10 fakta unik tersebut:

1. Jadi tempat kencan murah

Piala Oscar pertama digelar di Hollywood Roosevelt Hotel pada 1929. Dulu, tiket untuk menghadiri ajang ini dijual sangat murah, yakni hanya US$5 saja.

Ajang ini kemudian banyak dijadikan sebagai lokasi untuk kencan para selebriti. Tak heran, jika kala itu Piala Oscar menjelma sebagai tempat kencan murah nan mewah. 

2. Pernah ditunda karena banjir

Pada 1938, ajang Piala Oscar pernah ditunda selama satu minggu. Hal ini disebabkan karena lokasi acara di Los Angeles, Amerika Serikat, dilanda banjir besar.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pernah Ditunda

3. Ditunda untuk menghormati Martin Luther King Jr.

Adapun pada 1968, penyelenggaraan Piala Oscar pernah ditunda selama dua hari. Hal ini sebagai bentuk penghormatan atas kasus pembunuhan Martin Luther King Jr. 

4. NSFW Best Picture  

Pada ajang Piala Oscar 1969, film Midnight Cowboy menjadi film X-Rated pertana yang memenangkan penghargaan film terbaik. Bahkan, film ini adalah satu-satunya film not safe for work (NSFW) yang memenangkan kategori tersebut.

5. Ditayangkan siaran TV ABC

ABC jadi stasiun TV pertama yang menyiarkan Piala Oscar. Penayangan ajang penghargaan tersebut di ABC dimulai sejak 1976. Sebelumnya, ajang ini sudah mengudara di televisi sejak 1953, sebelum diambil alih ABC. 

6. Menangkan si kalah

Aktris Maggie Smith berhasil mendapatkan Piala Oscar di Academy Awards ke-51 lewat film California Suite. Ia membawa pulang piala Best Supporting Actress atau Best Actress in a Supporting Role. Dalam film tersebut, Maggie Smith memerankan karakter yang gagal mendapatkan Oscar. 

7. Masuknya nominasi film animasi

Pada 2001, Piala Oscar menambahkan nominasi Best Animated Feature. Saat itu, film Shrek menjadi film animasi pertama yang berhasil menang di ajang ini.

8. Acara terlama dan tercepat

Ajang Piala Oscar 2012 tercatat sebagai penyelenggaraan terlama. Saat itu, Piala Oscar digelar selama 4 jam 23 menit.

Adapun Piala Oscar tercepat terjadi pada 1959. Saat itu, penyelenggaraan Academy Awards hanya berlangsung selama 1 jam 40 menit. 

9. Kehilangan pemandu acara

Aktor Eddie Murphy batal menjadi pemandu acara Piala Oscar 2011. Pembatalan itu terjadi satu hari setelah temannya, Brett Ratner, dipecat dari Oscar atas tuduhan kasus homofobia. Selanjutnya pada 2019, Piala Oscar juga pernah kehilangan pemandu acara. Kala itu, Kevin Hart batal jadi pemandu acara karena kicauannya tentang homofobia. 

10. Berat Piala Oscar

Hampir semua pemenang mengatakan bahwa Piala Oscar cukup berat. Nyatanya, piala berbentuk tubuh manusia dengan warna emas ini memang berat. Piala ini memiliki berat 3,8 kilogram dan dilapisi emas 24 karat.

(Resla)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.