Sukses

Intip Rekomendasi Tempat Wisata Ramah Anak di Jogja

Berlibur bersama anak adalah momen yang penting untuk perkembangan mereka. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata ramah anak di Jogja yang bisa dikunjungi.

Liputan6.com, Bandung - Menikmati waktu liburan bersama keluarga menjadi momen tak terlupakan yang memberikan kenangan indah untuk diceritakan pada masa depan. Selain itu, berwisata bersama anak juga menciptakan pengalaman berharga untuk perkembangan anak-anak.

Berwisata dengan anak memberikan kesempatan untuk keluarga bisa saling mengikat kebersamaan dengan anak. Pasalnya, anak-anak lebih sering mengingat petualangan bersama keluarga yang menyenangkan bagi mereka.

Membawa anak berlibur ke tempat wisata dan berfoto untuk mengabadikan momen bisa menjadi pembicaraan yang menyenangkan ketika anak dewasa kelak. Anak-anak juga bisa lebih komunikatif untuk bercerita momen liburannya kepada teman-temannya.

Perlu diketahui, berwisata bagi anak seperti petualangan yang menyenangkan karena anak-anak bisa mengenal dunia baru. Mereka juga mendapatkan wawasan lebih tentang budaya, sejarah, alam, dan lain-lain.

Saat ini, ada banyak destinasi wisata yang memberikan fasilitas ramah anak atau kids friendly. Sehingga, orangtua tidak perlu khawatir memikirkan cara dalam menikmati liburan dengan fasilitas yang nyaman dan aman untuk anak.

Bahkan, orangtua dan anak bisa saling menikmati liburan dengan bersenang-senang menggunakan fasilitas bermain yang ada. Contohnya, berlibur di taman bermain, menjelajahi alam, atau berpiknik menghabiskan waktu bersama.

Melansir dari beberapa sumber yang telah dirangkum, berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Jogja yang ramah anak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daftarnya

1. Obelix Village

Obelix Village merupakan tempat wisata keluarga yang memiliki banyak wahana untuk semua usia. Tempat ini memiliki fasilitas lengkap dalam satu lokasi mulai dari little zoo, mini farm, flower garden, river deck, hingga restoran.

Tempat ini cocok dikunjungi bersama anak-anak terutama untuk membuka wawasannya terhadap pengetahuan baru. Lokasi Obelix Village ada di Jl. Kenangan, Krandon, Pandowoharjo, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Melansir dari Instagramnya per Februari 2024 tempat ini memiliki harga tiket terjangkau yaitu Rp 25.000 di hari biasa dan Rp 30.000 di akhir pekan. Tempatnya buka setiap hari pukul 08.00 hingga 21.00 dan di akhir pekan tutup jam 22.00 WIB.

2. Peekaboo Playland

Peekaboo Playland adalah restoran ramah anak karena memiliki tema playground yang menyenangkan bagi anak. Tempat ini memiliki area bermain indoor yang luas dan nyaman untuk anak bermain berbagai permainan.

Diketahui Peekaboo Playland menyediakan permainan trampolin, ayunan, kolam bola, dan lain-lain. Selain permainan indoor tempat ini juga memiliki area bermain outdoor dan melihat beragam hewan dan melihat tanaman.

Lokasi Peekaboo Playland berada di Jl. Karanglo No.10, Juwangen, Sorogenan I, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Buka setiap hari pukul 10.00 hingga 21.00 WIB.

3 dari 4 halaman

Berikutnya

3. Kids Fun Park

Seperti namanya Kids Fun Park adalah taman bermain yang memiliki beragam fasilitas permainan untuk anak. Tempat ini cocok dikunjungi bersama keluarga yang ingin menikmati pengalaman bermain yang menyenangkan.

Terdapat sekitar 31 wahana seru yang bisa dimainkan oleh pengunjung di tempat ini mulai dari gokart, waterboom, flying fox, dan mencicipi kuliner. Melansir dari Instagramnya terdapat beberapa paket tiket masuk ke Kids Fun Park.

Di antaranya paket taman bermain sekitar Rp 105.000, kolam renang “Aqua Splash” Rp 30.000 dan paket taman bermain+kolam renang Rp 130.000. Lokasinya ada di Jl. Wonosari No.KM 10, Asem Ngecis, Sitimulyo, Kec. Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan jam buka setiap hari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.

4. Waterboom Jogja

Waterboom Jogja merupakan waterpark terbesar di Asia Tenggara yang memiliki banyak fasilitas menarik. Tempat ini memiliki daya tarik pada konsep taman dan fasilitas wahananya yang menyenangkan.

Anak-anak bisa menikmati wahana bermain air yang menyenangkan untuk dijelajahi bersama keluarga. Selain bermain wahana air tempat ini juga memiliki taman-taman unik dan spot foto menarik.

Lokasi Waterboom Jogja ada di Jalan Utara, Jenengan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan jam buka setiap hari pukul 09.00 hingga 15.00 WIB.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

5. Taman Pintar

Taman Pintar menjadi salah satu tempat wisata ramah anak yang sangat edukatif di pusat kota Jogja. Pasalnya, taman ini memberikan pengalaman rekreasi menyenangkan dan edukasi dalam satu lokasi.

Anak-anak bisa mendapatkan wawasan tentang planetarium, sains, dan pengetahuan lainnya. Seperti namanya tempat ini menyajikan pengalaman bermain dan belajar yang menyenangkan untuk anak-anak.

Taman Pintar berlokasi di Jl. Panembahan Senopati No. 1-3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan jam buka setiap hari pukul 08.30 hingga 16.00 WIB.

6. Puri Mataram

Puri Mataram merupakan tempat wisata di Jogja yang tidak hanya murah tetapi juga membuka wawasan yang luas bagi anak. Selain itu anak-anak juga bisa bersantai di sekitar Puri Mataram atau memberi makan ikan dan menaiki bebek air.

Tempat ini memiliki sejumlah wisata menarik mulai dari Taman Bunga, Taman Berkuda, Becak Air, Taman Kelinci, dan lain-lain Pengunjung juga bisa menikmati keindahan danau buatan sambil makan bersama anak.

Lokasinya ada di Drono, Triadi, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan jam buka setiap hari pukul 08.00 hingga 21.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.