Sukses

Mengenal Telaga Sarangan, Tempat Wisata Cantik untuk Bersantai dengan Keluarga

Telaga Sarangan merupakan tempat wisata alam yang menyajikan pemandangan alam indah yang memesona. Tempat ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau orang terkasih.

Liputan6.com, Bandung - Telaga Sarangan merupakan salah satu tempat wisata yang menyajikan pesona alam indah di Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Tempat ini terletak di kaki Gunung Lawu dan menjadi wisata populer di antara para pecinta alam dan petualang.

Berlokasi sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut tempat ini memiliki pemandangan alam yang sangat memukau. Selain itu udara dan suasana yang dimiliki tempat ini sangat sejuk dan asri.

Telaga Sarangan cocok dikunjungi bagi wisatawan yang telah lelah dengan hiruk-pikuk kota dan membutuhkan waktu untuk healing. Selain itu telaga ini juga memiliki latar belakang pegunungan yang megah dan memberikan pengalaman tak terlupakan.

Pengunjung bisa melihat pegunungan hijau dengan pemandangan matahari terbit yang cahayanya memantulkan warna-warna berbeda di permukaan air telaganya. Selain itu ketika waktu senja pengunjung juga bisa melihat cantiknya matahari terbenam dibalik gunung.

Pada waktu tersebut wisatawan yang berkunjung bersama pasangan atau keluarga bisa menikmati suasana romantis yang cantik. Perlu untuk diketahui lokasi Telaga Sarangan cukup mudah untuk dijangkau.

Selain itu, wisatawan bisa menikmati pemandangan sekitar sambil melakukan berbagai aktivitas menarik. Misalnya, bermain sepeda di pinggir Telaga, berjalan santai, piknik, mencicipi kuliner, hingga menaiki speedboat.

Tempat wisata ini juga masih menjadi destinasi favorit bagi warga lokal untuk menghabiskan waktu akhir pekannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lokasi Telaga Sarangan

Telaga Sarangan berlokasi di Desa Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Tempat ini bisa dikunjungi dengan perjalanan sekitar 25 menit atau 16 km dari pusat Kota Magetan.

Sementara itu jika dikunjungi dari Tawamangun maka pengunjung akan menghabiskan waktu perjalanan sekitar 40 menit perjalanan atau sekitar 19 km. Tempat ini mempunyai luas sekitar 30 hektar dan kedalaman rata-rata 28 meter.

Telaga Sarangan mempunyai jam buka setiap hari dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas nyaman untuk pengunjung. Misalnya toilet, kantin, musala, pasar, tempat parkir, hingga tempat sewa sepeda, speedboat ataupun naik kuda.

3 dari 4 halaman

Aktivitas di Telaga Sarangan

Melansir dari beberapa sumber berikut ini adalah beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sekitar area Telaga Sarangan

1. Bersantai dan berjalan-jalan

Pengunjung bisa menikmati Telaga Sarangan dengan berjalan santai melihat pemandangan telaga. Selain itu bisa juga bersantai untuk menikmati suasana waktu sunrise atau senja dan menikmati udara sejuk di sekitar telaga.

Wisatawan juga bisa berfoto ria di sekitar telaga di beberapa spot cantik yang ada atau mengabadikan video ala-ala dengan pemandangan alam yang cantik.

2. Bermain sepeda

Pengunjung juga bisa menikmati Telaga Sarangan dengan bermain sepeda di rute bersepeda yang ada. Kemudian bisa juga melalui jalan-jalan setapak di sekitarnya dan menikmati indahnya alam sekitar.

Diketahui tempat ini memiliki beberapa tempat sewa sepeda sehingga pengujung tidak perlu membawa sepeda sendiri.

3. Menaiki kuda

Selain bermain sepeda Telaga Sarangan juga menyediakan sewa naik kuda yang ada di lokasi untuk berkeliling sekitar satu putaran di area telaga. Tentunya pengunjung bisa menikmati pemandangan sekitar sambil berkuda.

4 dari 4 halaman

Aktivitas di Telaga Sarangan

4. Menaiki speedboat

Aktivitas yang paling populer di Telaga Sarangan adalah menaiki speedboat yang bisa disewa dengan kapasitas sekitar tiga hingga empat penumpang. Kapal ini akan mengajak pengunjung mengelilingi telaga dengan kapal cepat.

Tentunya pengalaman menyenangkan akan menyelimuti para wisatawan sambil melihat indahnya telaga. Selain itu pengunjung juga bisa berfoto di atas speedboat atau terus memacu adrenalin dengan menaikinya.

5. Menginap dan menikmati waktu senja atau sunrise

Telaga Sarangan kerap kali jadi lokasi untuk menikmati waktu senja atau sunrise dengan pemandangan yang cantik. Selain itu di tempat ini juga ada beberapa penginapan yang menghadap langsung ke telaga.

6. Mencicipi kuliner

Aktivitas berkuliner tentunya menjadi aktivitas yang jangan sampai terlewatkan ketika menikmati wisata. Diketahui ada beberapa kuliner khas di daerah tempat ini dengan harga yang bervariasi.

Misalnya mencicipi sate kelinci, brem, tempe mendoan, soto magetan, nasi grombyang, dan masih banyak lagi makanan khas lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.