Sukses

Zoho for Startups Komitmen Percepat Ekosistem Kewirausahaan di Indonesia

Zoho for Startups Diluncurkan di Indonesia, Percepat Pertumbuhan Ekosistem Kewirausahaan

Liputan6.com, Jakarta - Pada era digital saat ini, Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki ekosistem startup yang berkembang pesat. Tumbuhnya ekosistem tersebut salah satunya karena adanya dukungan terhadap startup untuk menjalankan bisnisnya. 

Zoho for Startups saat ini telah diluncurkan di Indonesia, di mana peluncuran tersebut mempercepat pertumbuhan ekosistem kewirausahaan. Sebanyak tujuh inkubator dengan lebih dari 700 startup telah memulai program Zoho for Startups di Indonesia, yang membuat kemajuan besar dalam membentuk lanskap kewirausahaan di Tanah Air.

Secara global, program ini telah membantu lebih dari 12.000 startup di India, dan sekitar 2.000 startup di Timur Tengah dan Afrika.

"Program Zoho for Startups telah berkembang secara organik dan digulirkan ke kancah global, di mana jangkauan dan keberhasilan program ini terkait erat dengan tujuan dan visi Zoho. Kami sangat senang bahwa Indonesia menjadi negara pertama yang meluncurkan program ini di kawasan Asia Pasifik," kata Country Lead untuk Zoho Indonesia Handito Saroso di Cibubur, Rabu 28 Februari 2024. 

Berikut yang menjadi fitur utama dari Zoho for Startups :

1. Kemitraan Strategis yang berkolaborasi dengan badan-badan pemerintah, inkubator startup, akselerator, dan pendukung ekosistem, untuk menciptakan ekosistem kuat yang memelihara dan mendukung pertumbuhan startup.

2. Kredit Besar yang menawarkan kredit senilai USD 2.500 di Zoho Wallet kepada startup yang bernaung di bawah inkubator dan akselerator, sehingga memungkinkan mereka untuk memanfaatkan serangkaian solusi perangkat lunak bisnis yang canggih.

3. Bimbingan dan Pelatihan yang memberikan panduan dan dukungan penerapan guna membantu startup secara efektif mengintegrasikan dan memanfaatkan serangkaian produk Zoho. Startup akan memiliki akses ke webinar dan lokakarya serta bantuan teknis melalui dukungan email untuk membantu orientasi solusi.

Indigo yang menjadi mitra utama dalam program Zoho for Startups, merupakan perusahaan inkubator dan akselerator yang diprakarsai oleh Telkom Indonesia. Didedikasikan untuk membina startup, Indigo menciptakan program, mulai dari pendirian dan pertumbuhan startup hingga membantu mereka melalui proses kerja sama, yang pada akhirnya bertujuan menciptakan startup terbaik bagi bangsa. 

“Prakarsa Zoho telah meningkatkan kemampuan komunitas kami. Dengan berbagai alat yang sangat berharga seperti Zoho CRM, Zoho Books, dan Zoho Analytics, para anggota kini lebih siap untuk mengelola dan memperluas operasi mereka secara efektif," kata Startup Community Management Indigo Telkom Fanky Miswar.

Integrasi platform yang lancar, antarmuka pengguna yang intuitif, serta fleksibilitas yang luar biasa memberi mereka kepercayaan diri untuk berkembang dalam lanskap bisnis yang menantang. Banyak yang telah mendapatkan manfaat dari program ini karena program ini memungkinkan mereka berkonsentrasi pada inovasi sementara Zoho menangani hal-hal teknis.

"Dengan dukungan dari Zoho, mereka merasa siap sepenuhnya untuk mencapai kesuksesan,"kata Fanky.

Seiring perjalanan Zoho for Startups yang terus berlanjut, program ini tetap berkomitmen untuk memberikan dukungan komprehensif dan solusi terintegrasi kepada komunitas startup yang sedang berkembang di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.