Sukses

Polisi Ringkus Pencuri Spesialis Bagasi Sepeda Motor Lintas Provinsi di Bitung

Kasi Humas Polres Bitung Iptu Iwan Setiyabudi mengatakan, pelaku pencurian spesialis barang yang disimpan di bagasi motor ini diamankan saat berada di Kota Manado.

Liputan6.com, Bitung - Tim Resmob Polres Bitung berkolaborasi bersama Resmob Polresta Manado dan Polsek Tikala menangkap pelaku tindak pidana pencurian, yang terjadi di Kota Bitung, Sulut.

Kasi Humas Polres Bitung Iptu Iwan Setiyabudi mengatakan, pelaku pencurian spesialis barang yang disimpan di bagasi motor ini diamankan saat berada di Kota Manado.

“Pelaku pria berinisial RS (42), ditangkap pada Kamis, 22 Februari 2024 di Pasar Karombasan, Kota Manado,” ujarnya.

Penangkapan pelaku berdasarkan laporan beberapa warga yang mengalami kehilangan uang dan barang, sejak November 2023 hingga Februari 2024. Pelaku merupakan spesialis pencurian barang dan uang yang diletakkan di dalam bagasi motor yang sedang terparkir.

“Pelaku memantau pengendara sepeda motor yang parkir, dan menaruh barang atau uang di dalam bagasi. Kemudian saat pengendara pergi, pelaku berpura-pura duduk di atas sepeda motor, lalu membuka paksa jok motor dan mengambil barang atau uang di dalamnya,” papar Iwan.

Pelaku melakukan aksinya terhadap 3 orang korban, yaitu pada 20 November 2023 di Kelurahan manembo-nembo, sekitar pukul 16.15 Wita. Korban bernama Fitria Langkau kehilangan uang sebesar Rp23 juta.

Selanjutnya pada hari Jumat, 15 Desember 2023 sekitar pukul 07.30, pelaku melancarkan aksinya terhadap korban bernama Steling Mahmud di Pasar Girian. Ia kehilangan 1 buah handphone merk Vivo Y155.

“Terakhir pelaku melakukan aksinya pada hari Jumat, 16 Februari 2024 pukul 17.00 Wita terhadap korban bernama Suratman. Ia kehilangan uang sebesar Rp10 juta,” papar Iwan.

Dia mengatakan, pelaku merupakan mantan residivis kasus yang sama di Kota Gorontalo, Kota Manado dan Kabupaten Minahasa Utara.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.