Sukses

Daftar Pemain Timnas Indonesia U-23 yang Berpotensi Tak Ikut Piala Asia U-23

Seturut jadwal, Piala Asia U-23 akan digelar pada April sampai Mei 2024. Pada saat bersamaan, kompetisi Liga 1 2023/2024 masih berjalan atau tidak ada jeda resmi baik dari federasi maupun FIFA.

Liputan6.com, Yogyakarta - Timnas Indonesia U-23 terancam tak akan diperkuat Hokky Caraka dalam gelaran Piala Asia U-23 2024. Alasannya, Pelatih PSS Sleman Risto Vidakovic enggan melepasnya di luar pertandingan kalender FIFA.

Menurut pelatih berkebangsaan Serbia itu, Hokky Caraka adalah salah satu pemain vital di tubuh PSS Sleman. Terlebih, saat ini Risto melihat perkembangan yang signifikan pada sang pemain saat bertolak ke Jakarta melawan Bhayangkara FC pada Kamis (22/2/2024). Pada laga itu, Hokky Caraka menyumbang satu gol dan bermain penuh selama 90 menit.

Pada musim ini saja, striker asal Kabupaten Gunungkidul itu telah membukukan empat gol, dan satu assist dari 22 penampilan. Usianya yang baru 19 tahun membuatnya menjadi salah satu striker yang menjanjikan baik untuk klub maupun Timnas Indonesia.

Seturut jadwal, Piala Asia U-23 akan digelar pada April sampai Mei 2024. Pada saat bersamaan, kompetisi Liga 1 2023/2024 masih berjalan atau tidak ada jeda resmi baik dari federasi maupun FIFA.

"Bagi kami Hokky adalah pemain yang penting. Saya tidak bisa melepaskan Hokky begitu saja karena kami membutuhkan dia di sisa laga ini. Tapi kalau jeda Liga dan Timnas Indonesia memanggil Hokky, saya tidak masalah (melepaskan)," kata Risto, Jumat (23/2/2024).

Dalam kata lain, Risto sejatinya tidak melarang Timnas Indonesia U-23 besutan Shin Tae-yong itu memanggil Hokky Caraka untuk bergabung dalam skuad. Asalkan jadwal turnamen yang diikuti oleh sang pemain tidak bertabrakan dengan jadwal pertandingan tim di kompetisi liga.

Di sisi lain, Risto mengatakan saat ini hanya ada dua striker murni PSS Sleman yang tersedia untuk tampil dalam setiap pertandingan. Saddam Emiruddin Gaffar yang kemarin sempat masuk daftar susunan pemain tampaknya tidak terhitung karena masih dikhawatirkan cederanya kambuh. Praktis saat ini PSS Sleman hanya memiliki Hokky Caraka dan Ajak Riak.

"Kalau liga masih bergulir, saya sulit melepas Hokky, karena Liga masih berjalan dan PSS cuma punya dua striker. Sulit bagi kami untuk melepas Hokky," ucap Risto.

Selain nama Hokky Caraka, Timnas Indonesia berpotensi tak akan diperkuat sejumlah pemain lainnya seperti Rizky Ridho, Ernando Ari, hingga Muhammad Ferarri.

Berikut ini daftar pemain yang berpotensi tak bisa membela Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024:

1. Hokky Caraka

2. Muhammad Ferrari

3. Rizky Ridho

4. Ernando Ari

5. Elkan Baggott

6. Ivar Jener

7. Rafael Struick

8. Justin Hubner

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini