Sukses

Bertema Hari Kasih Sayang, TPS 034 Manahan yang Digunakan Gibran Rakabuming Raka Resmi Dibuka

Petugas KPPS mulai membuka TPS 034 Manahan yang menjadi lokasi Gibran mencoblos. Prosesi pembukaan itu dimulai dengan upacara pengambilan sumpah janji hingga pembukaan segel kotak suara.

Liputan6.com, Solo - Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 034 Kelurahan Manahan mulai melakukan prosesi pembukaan untuk pemungutan suara. TPS tersebut merupakan tempat cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka menggunakan hak pilihnya.

Pantauan Liputan6.com, petugas KPPS TPS 034 Manahan mulai melakukan prosesi pembukaan TPS ketika jam menunjukkan pukul 07.00 WIB. Prosesi tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Setelah itu, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua KPPS 034 Manahan, Heru Mawanto dan dilanjutkan dengan  pembacaan sumpah dan janji petugas KPPS.

Kemudian, prosesi dilanjutkan dengan pembukaan segel kotak suara untuk menghitung isi surat suara yang terdapat di dalam kota. Pembukaan segel tersebut disaksikan sejumlah saksi yang bertugas di TPS tersebut.

TPS yang menjadi tempat mencoblos cawapres nomor urut 02 Gibran Rakabuming dan istrinya Selvi Ananda terletak di halaman persewaan lapangan futsal yang tak jauh dari Stadion Manahan, Solo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tema Hari Kasih Sayang

Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka akan menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 034 Kelurahan Manahan, Solo pada Rabu (14/2/2024). TPS yang menempati halaman Urban Soccer Field itu mengusung tema Valentine’s Day atau Hari Kasih Sayang dengan dekorasi yang didominasi warna pink.

TPS yang beralamat di Jalan Ahmad Yani No 321 RT 4 RW 13, Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, Solo itu menempati halaman Urban Soccer Field yang merupakan tempat persewaan lapangan futsal. Persiapan untuk mendirikan TPS itu telah dilakukan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 034 Manahan sejak hari Senin kemarin dengan memasang tenda.

Sedangkan pada hari ini, mereka kembali melanjutkan persiapan di TPS dengan memasang kain penutup, kain dekorasi hingga menata meja dan kursi di. Kain dekorasi yang terpasang di TPS Gibran dan istrinya Selvi Ananda itu didominasi dengan warna pink karena sesuai dengan konsep peringatan Hari Kasih Sayang yang jatuh bertepatan dengan hari pencoblosan, Rabu (14/2/2024).

Selain itu, petugas KPPS juga memasang banner bertuliskan ‘Selamat Datang di TPS 34 Manahan’ yang dilengkapi gambar simbol ‘saranghae’ atau cinta dengan menyilangkan ibu jari dan telunjuknya. Banner itu juga tak luput dari warna kombinasi pink dan putih. Rencananya ‘tanda cinta’ itu akan dipasang di bagian depan TPS untuk menyambut para pemilih yang akan mencoblos.

Ketua KPPS TPS 034 Kelurahan Manahan, Heru Mawanto menjelaskan yang melatarbelakangi untuk mengusung tema Hari Kasih Sayang di TPS karena hari pencoblosan berbarengan dengan Valentine’s Day. Alhasil, dekorasi di TPS tersebut didominasi dengan warna pink yang identik dengan Hari Kasih Sayang.

“Kebetulan Pemilu-nya pas di tanggal 14 Februari dan itu biasanya Hari Valentine sehingga mengambil tema valentine dengan background warna-warna pink,” kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini