Sukses

Gibran Rakabuming Raka Tinjau Pembangunan RTLH Saat Masa Tenang Pemilu 2024

Liputan6.com, Solo - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka melakukan kegiatan sebagai Wali Kota Solo saat masa tenang Pemilu 2024. Putra sulung Presiden Jokowi itu mengawali aktivitasnya sebagai kepala daerah dengan blusukan mengecek sejumlah pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik warga tak mampu di sejumlah kelurahan di Kota Solo pada Senin (12/2/2024).

Saat mengunjungi lokasi pembangunan RTLH, Gibran rakabuming Raka tidak naik mobil dinasnya AD 1 A tetapi mobil Toyota Innova berwarna hitam dengan plat nomor AD 1576 K. Saat turun dari mobil, raut wajah Wali Kota Solo itu terlihat lelah dan rambut tak rapi seperti biasanya. Ia langsung bergegas jalan kaki menuju salah satu rumah yang sudah direnovasi yang beralamat di RT 1 RW 1 Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo.

Pemilik rumah tampak kaget ketika didatangi suami Selvi Ananda itu. Sejurus kemudian, Gibran melihat bagian dalam rumah tersebut dari pintu untuk melihat hasil pembangunan rumah warga yang tak mampu. Setelah itu, calon pendamping capres Prabowo Subianto ini pamit kepada pemilik rumah untuk meninjau hasil pembangunan RTLH milik warga lainnya di Kelurahan Mojo yang hanya berjarak tak sampai 1 kilometer.

Saat mengecek hasil pembangunan rumah RTLH milik warga yang bernama Sriatun di RT 3 RW 3, Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon, Gibran berjalan kaki melalui lorong menuju rumah tersebut. Setibanya di dalam rumah tersebut, ia mengecek dengan detail bagian atas hingga kualitas bangunan rumah yang dibiayai dari sumbangan CSR perusahaan distributor Bahan Bakar Minyak (BBM) di Solo, PT SHA.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masih Banyak RTLH

Selain di Sangkrah dan Mojo, Wali Kota Solo itu kemudian melanjutkan peninjauan pembangunan RTLH di Kelurahan Kampung Sewu, Kecamatan Jebres, Kelurahan Pucangsawit, Kecamatan Jebres dan Kelurahan Kedunglumbu, Kecamatan Pasarkliwon, Solo. Berdasarkan data laporan bantuan sosial RTLH yang dibiayai CSR PT SHA sebanyak 20 unit rumah milik warga tak mampu di Solo.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengatakan pembangunan RTLH itu hasil bantuan dari sejumlah pengusaha. Sumbangan tersebut merupakan hasil kerja sama penyaluran CSR perusahaan yang telah terjalin sejak tahun lalu. Namun, ketika disinggung terkait jumlah pembangunan unit RTLH, ia mengatakan tidak mengetahui secara pasti jumlah detailnya tetapi dipastikan jumlahnya tidak sedikit.

"Banyak (jumlahnya pembangunan RTLH), sudah dari tahun lalu. Nanti tanya Pak Camat dan Pak Lurah ya. Ini banyak jumlahnya karena gabungan dari beebrapa pengusaha," kata dia di sela-sela peninjauan RTLH di RT 3 RW 3, Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Senin (12/2/2024).

Menurut Gibran, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo terus mengejar untuk pembangunan RTLH di Solo karena beberapa lokas masih masuk dalam zona kemiskinan di Solo. "Hooh, makanya kita kebut terus untuk RTLH. Masih banyak, makanya kita kebut terus. Kita cicil sedikit-sedikit ya, makasih," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini