Sukses

Karimunjawa, Destinasi Wisata Alam Andalan di Jepara dengan Laut yang Indah

Kepulauan Karimunjawa masih menjadi destinasi wisata alam yang disukai oleh wisatawan.

Liputan6.com, Bandung - Kepulauan Karimunjawa masih menjadi destinasi wisata favorit untuk wisatawan terutama di momen liburan. Karimunjawa merupakan salah satu Kabupaten di bawah Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah.

Terdapat beberapa pulau yang dibentuk oleh terumbu karang serta ditutup oleh lapisan pasir. Pulau-pulau tersebut menyimpan sejumlah pesona keindahan alam mulai dari pegunungan, pasir putih pantai, hingga pesona dunia bawah laut.

Wisata di Kepulauan Karimunjawa juga ramai dibahas di media sosial dan membuat banyak wisatawan lokal ingin mengunjungi pulau ini. Pasalnya, Karimunjawa digambarkan sebagai tempat wisata dengan suasana pantai yang bersih.

Pulau ini cocok dikunjungi oleh wisatawan yang ingin pergi dari hiruk pikuk perkotaan dan mencari ketenangan. Karimunjawa juga disebut-sebut sebagai surganya bagi para penyelam dan snorkeler.

Wisatawan yang mengunjungi Karimunjawa akan disajikan dengan kepulauan eksotis yang tersebar di sekitar Laut Jawa. Atmosfernya yang tenang juga menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata yang cocok untuk menenangkan diri.

Sebagai informasi, pengunjung yang ingin mendatangi Kepulauan Karimunjawa bisa memulai perjalanannya dari Pelabuhan Jepara. Tentunya wisatawan harus menggunakan jasa penyebrangan yaitu jasa kapal yang tersedia di pelabuhan.

Biasanya untuk mengunjungi Karimunjawa wisatawan disarankan untuk mengikuti paket wisata agar bisa menikmati beberapa fasilitas lengkap lainnya, mulai dari kapal penyeberangan, hotel, makan, dan berkunjung ke spot-spot wisata lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spot Menarik

Kepulauan Karimunjawa memiliki sejumlah wisata menarik yang bisa dinikmati seperti wisata darat atau laut. Selain itu, pulau ini juga mempunyai wisata alam, wisata kuliner hingga wisata religi.

Karimunjawa sendiri merupakan kepulauan yang terdiri dari 27 pulau yang menarik perhatian wisatawan. Melansir dari beberapa sumber berikut ini adalah beberapa wisata menarik di Karimunjawa:

1. Bukit Love atau Monumen Karimunjawa

Bukit Love atau monumen Karimunjawa merupakan spot wisata di Karimunjawa yang menampilkan pemandangan alam mempesona. Berlokasi di Pulau Karimunjawa tempat ini berada di daerah perbukitan.

Lokasinya yang berada di atas membuat wisatawan bisa berfoto dan menikmati pemandangan panorama laut yang indah. Bahkan pemandangan laut biru dan pulau kecil yang tersebar di sekitar bisa terlihat dari bukit tersebut.

3 dari 4 halaman

Berikutnya

2. Pantai Annora

Pantai Annora merupakan salah satu pantai yang lokasinya ada di sisi Barat Pulau Karimunjawa. Pantai Annora memiliki pemandangan hamparan pasir putih dengan ombak yang tenang.

Diketahui di Pantai Annora terdapat bukit yang bisa wisatawan naiki untuk melihat keindahan pantai serta laut dari ketinggian.

3. Pulau Seruni

Pulau Seruni adalah salah satu pulau yang populer di Kepulauan Karimunjawa karena pengunjungnya bisa melihat ikan nemo di perairan dangkal pulau tersebut. Wisatawan yang mengunjungi Pulau Seruni biasanya wisatawan yang ingin beraktivitas snorkeling.

Pasalnya aktivitas ini cocok dilakukan di Pulau Seruni yang di sekitarnya terdapat terumbu karang indah di perairan dangkal. Pulau ini juga memiliki pasir putih bersih dan merupakan pulau tidak berpenghuni.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

4. Pulau Menjangan Kecil

Pulau ini menjadi salah satu spot wisata favorit karena mempunyai keindahan alam bawah laut dengan terumbu karang warna-warni. Pulau ini menyajikan aktivitas snorkeling atau diving di pantainya.

Wisatawan juga bisa berjalan santai di pesisir pantai yang indah dan pulau ini memiliki penangkaran hiu. Pengunjung bisa berfoto di tengah kolam berisi ikan hiu kecil yang diawasi oleh petugas.

5. Pantai Tanjung Gelam

Spot wisata yang satu ini cukup populer di antara wisatawan lokal karena bisa menikmati panorama matahari terbenam di Karimunjawa. Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dengan terumbu karangnya yang indah.

Area Pantai Tanjung Gelam juga menjadi wisata favorit karena pengunjung bisa berenang di lautnya yang dangkal. Selain itu ombak di Pantai Tanjung Gelam juga cukup aman karena cenderung tenang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.