Sukses

Mengenal Eksfoliasi Wajah dan Tips yang Harus Diperhatikan

Proses eksfoliasi wajah membantu menjaga kulit tetap segar, mengurangi pori-pori tersumbat, dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, setiap orang mendambakan kulit yang sehat dan bersinar. Salah satu langkah penting dalam merawat kulit dengan cara pengangkatan sel kulit mati atau eksfoliasi.

Adapun proses eksfoliasi membantu menjaga kulit tetap segar, mengurangi pori-pori tersumbat, dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru.

Pengangkatan sel kulit mati atau eksfoliasi secara instan menjadi tren dalam dunia kecantikan karena memberikan hasil yang lebih cepat dan terlihat.

Selain itu, kebanyakan produk eksfoliasi instan dapat diaplikasikan dengan cepat dan tidak memerlukan waktu penjemuran atau proses kering tertentu, seperti masker atau scrub tradisional. 

Namun, sebelum melakukan eksfoliasi, simak beberapa tips yang harus diperhatikan berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tipsnya

1. Pilih Produk Eksfoliasi yang Tepat

Setiap jenis kulit memiliki kebutuhan eksfoliasi yang berbeda. Pilihlah produk eksfoliasi yang sesuai dengan jenis kulit. Beberapa produk mungkin lebih cocok untuk kulit sensitif, sementara yang lain dirancang untuk kulit berminyak atau kering.

2. Lakukan Uji Sensitivitas

Sebelum mengaplikasikan produk eksfoliasi secara menyeluruh, lakukan uji sensibilitas pada bagian kecil kulit terlebih dahulu. Ini dapat membantu mengidentifikasi apakah produk tersebut cocok dengan kulit atau tidak.

3. Hindari Eksfoliasi Berlebihan

Meskipun eksfoliasi bermanfaat, melakukan proses ini terlalu sering dapat merusak lapisan pelindung kulit. Lakukan eksfoliasi maksimal dua hingga tiga kali seminggu, tergantung pada jenis produk yang dipilih.

4. Hindari Eksfoliasi Saat Kulit Sedang Iritasi atau Meradang

Jika kulit sedang mengalami iritasi, luka, atau peradangan, sebaiknya hindari eksfoliasi. Proses ini dapat memperburuk kondisi kulit yang sedang bermasalah.

5. Gunakan Pelembap

Setelah melakukan eksfoliasi, penting untuk menggunakan pelembap guna menjaga kelembapan kulit. Ini membantu mencegah kulit menjadi kering dan mengelupas.

Itulah beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum melakukan eksfoliasi.

3 dari 3 halaman

Sediakan Waktu 3 Menit

Terkait eksfoliasi instan, ada salah satu produk eksfoliasi yang telah dikenal efektif dan praktis. Produk ini telah mendapatkan popularitas karena keunggulannya dalam memberikan hasil eksfoliasi instan yang aman dan nyaman.

Produk tersebut adalah Cleora Beauty 3 Minutes Exfoliating Gel yang mengandung bahan utama AHA, BHA, PHA, Hyaluronic Acid, hingga Aloe Vera. Produk ini dirancang dengan formula yang dapat disesuaikan dengan berbagai jenis kulit.

“Formulasi dalam bentuk gel ini membuatnya bebas dari kandungan butiran kasar yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit,” kata CEO Cleora Beauty Rocky Pramana dalam keterangannya.

Seusai namanya, proses pengaplikasian Cleora Beauty 3 Minutes Exfoliating sangat praktis, yakni hanya memerlukan sekitar tiga menit. Ini cocok untuk mereka yang memiliki jadwal sibuk tetapi tetap ingin merawat kulit dengan efektif.

Pertama-tama, bersihkan wajah dengan facewash dan keringkan. Aplikasikan produk seukuran biji kacang-kacangan pada wajah lalu diamkan selama 30 detik. Usap dengan gerakan memutar hingga sel kulit mati dan kotoran terangkat. Terakhir, bilas wajah dengan air bersih.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.