Sukses

NU dan Muhammadiyah Dapat Zayed Award for Human Fraternity dari Uni Emirat Arab

Saat menerima penghargaan, NU diwakili oleh Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf, sedangkan Muhammadiyah oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.

Liputan6.com, Jakarta - Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah menerima penghargaan Zayed Award for Human Fraternity atau Penghargaan Zayed untuk Persaudaraan Kemanusiaan 2024 dari Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA). Ada pun penghargaan tersebut diberikan di Abu Dhabi, pada Senin, 5 Februari 2024.

Penghargaan yang dianugerahkan kepada dua organisasi Islam terkemuka di Indonesia itu diserahkan langsung oleh putra mahkota Presiden UEA, Khaled bin Mohammed Al Nahyan.

Saat menerima penghargaan, NU diwakili oleh Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf, sedangkan Muhammadiyah oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.

Turut hadir menyaksikan momen penting tersebut adalah Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Atas penghargaan kepada dua organisasi Islam terbesar ini, Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla (JK), mengucapkan selamat kepada Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Muhammadiyah.

"Ini adalah bukti pengakuan dunia kepada Indonesia bahwa Islam berkembang di wilayah Nusantara," ucap JK. 

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo atau Jokowi turut menyaksikan pemberian penghargaan Zayed Award for Human Fraternity kepada NU dan Muhammadiyah melalui akun YouTube Wakil Presiden Republik Indonesia.

Dalam sambutannya melalui rekaman video, Jokowi menyampaikan apresiasi kepada Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan atas kemajuan dan inovasi luar biasa yang diraih UEA dan menjadi simbol kemajuan di kawasan dan dunia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi: Penghargaan Ini Sangat Membanggakan Bangsa Indonesia

Dia pun menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang dianugerahkan kepada dua organisasi Islam terkemuka di Indonesia, NU dan Muhammadiyah.

"Apalagi penghargaan ini merupakan yang pertama kali diberikan kepada organisasi di kawasan Asia. Hal ini sungguh sangat membanggakan bagi kami Bangsa Indonesia," kata Presiden Jokowi dilansir Antara, Selasa (6/2/2024).

Zayed Award for Human Fraternity adalah penghargaan internasional independen yang diselenggarakan setiap tahun untuk memberikan penghormatan kepada setiap individu dan lembaga tanpa memandang latar belakang dan asal mereka.

Penghargaan ini diberikan kepada mereka yang bekerja tanpa pamrih dan tak kenal lelah melampaui rintangan demi mewujudkan nilai-nilai abadi solidaritas, integritas, keadilan, dan optimisme, serta menciptakan terobosan menuju hidup berdampingan secara damai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini