Sukses

Brimob Polda Riau Bersih-Bersih Vihara, Tanda Toleransi Menyambut Imlek

Personel Brimob Polda Riau membersihkan vihara di Pekanbaru sebagai tanda toleransi bergama menyambut perayaan tahun baru Imlek.

Liputan6.com, Pekanbaru - Perayaan tahun baru Imlek kian dekat. Sejumlah vihara di Pekanbaru mulai berbenah menyambut hari besar bagi masyarakat beragama Konghucu itu, termasuk yang dilakukan personel Brimob Polda Riau.

Pasukan tempur kepolisian itu melakukan bakti sosial di Vihara Kwan Tee Kong Bio di Kelurahan Umban Sari, Kecamatan Rumbai, Pekanbaru. Wakil Komandan Satuan Brimob Polda Riau AKBP M Aries Purwanto turun memimpin kegiatan.

Aries bersama puluhan personel Brimob menyisir sisi demi sisi viraha. Mereka membawa sapu membersihkan lantai, membawa sabun untuk mengepel dan memotong rumput.

Sejumlah patung dewa tak luput dibersihkan. Termasuk guci ataupun ornamen lainnya di tempat ibadah itu agar masyarakat yang merayakan Imlek nyaman beribadah.

Aries menjelaskan, gotong royong ini sebagai bentuk toleransi kepolisian kepada masyarakat beragama Konghucu di Riau, khususnya warga Pekanbaru. Toleransi ini sebagai perekat kesatuan di tengah ragam agama di Indonesia.

"Sebentar lagi saudara kita merayakan Imlek, ini harus disambut, kami lakukan gotong royong di sini," kata Aries, Sabtu petang, 3 Februari 2024.

Toni selaku pengurus vihara mengucapkan terima kasih atas kedatang Brimob Polda Riau dalam kegiatan bakti sosial tersebut.

"Ini merupakan suatu kebanggan bagi kami mendapatkan dukungan dari rekan rekan Brimob Riau dalam melaksanakan bhakti sosial," ucap Toni.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan Damai

Di sisi lain, Aries usai aksi bersih-bersih di vihara tak lupa menyampaikan pesan perdamaian, khususnya dalam pemilihan umum yang sebentar lagi masuk tahap pencoblosan.

Aries menyatakan masyarakat Indonesia sangat beragam dan punya pilihan masing-masing dalam Pemilu. Hal ini tak dapat dielakkan tapi Pemilu damai bisa terlaksana jika masyarakat menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Dengan demikian, Pemilu yang akan datang berjalan aman, kondusif dan tidak menimbulkan perpecahan antar masyarakat," imbuh Aries.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.