Sukses

Ini yang Dilakukan PSS Sleman Hadapi Jeda Panjang Liga 1

Hasil tiga kali uji coba PSS Sleman membuat Risto Vidakovic cukup bungah meski belum terlalu maksimal.

Liputan6.com, Yogyakarta - PSS Sleman menggelar uji coba untuk menjaga iklim kompetitif di antara para pemain selama jeda internasional. Tim berjuluk Super Elang Jawa itu sejauh ini sudah melakukan tiga laga uji coba, dua diantaranya dengan tim selevel, satunya melawan tim Liga 3 DIY.

Laga uji coba pertama melawan PS HW UMY berakhir dengan skor 6-0. Kemudian mereka menggelar uji coba melawan Persis Solo, hasilnya kalah 0-2. Pada Sabtu (27/1/2024) lawan RANS Nusantara FC 1-1.

Dari tiga laga uji coba itu, Super Elang Jawa bisa disebut menunjukkan progres positif jelang kompetisi Liga 1 2023/2024 diputar kembali pada 6 Februari 2024 mendatang.

Menariknya lagi, Saddam Emiruddin Gaffar tampak ikut dalam uji coba setelah lama menepi karena cederanya. Selain itu pemain muda macam Arlan Agma yang belum banyak dapat menit bermain, hadir dalam uji coba tersebut.

"Pertandingan uji coba ini berjalan dengan baik dan tentu ada beberapa catatan. Meskipun, ada hal yang harus kami tingkatkan dalam waktu satu minggu ke depan. Tapi saya pikir kami menjalani latihan keras juga dalam beberapa hari ini dan hal tersebut pasti mempengaruhi pemain," kata Pelatih Kepala PSS, Risto Vidakovic.

1. Ada peningkatan

Hasil tiga kali uji coba PSS Sleman membuat Risto Vidakovic cukup bungah meski belum terlalu maksimal. Katanya, semua pemain berhasil menunjukkan usaha terbaik dan yang penting adalah spirit kompetitif terjaga meski libur kompetisi yang sangat panjang.

Pelatih yang pernah berkarier sebagai pemain profesional membela Real Betis ini tetap mengatakan ada evaluasi yang harus diperbaiki dalam satu pekan ke depan.

"Saya tentu belum merasa puas dengan hasil uji tanding meskipun para pemain menunjukkan peningkatan. Kami harus memperbaiki beberapa kesalahan di latihan dan segera menjadi lebih baik," ujar dia.

Setelah jeda internasional, PSS Sleman akan bertanding melawan Persikabo pada Minggu (4/2/2024) di Stadion Sultan Agung, Kabupaten Bantul. Untuk itu, stadion ini digunakan untuk uji coba sekaligus adaptasi lapangan.

"Sangat susah untuk bermain karena lapangan tidak dalam kondisi bagus. Sangat sulit bermain sepak bola di sana. Bola tidak bergulir dengan baik dan hal ini membuat pemain sulit pemain untuk mengontrol bola. Namun, pengelola lapangan harus segera memperbaiki itu terutama tentang rumput yang tinggi. Intinya lapangan jadi kurang bagus saat ini," pungkasnya.

2. Asah taktik permainan

Setelah uji coba melawan tim selevel, PSS Sleman fokus mematangkan taktik permainan. Menurut Risto, taktik menjadi salah satu bahan evaluasi yang perlu segera diperbaiki sebelum pertandingan dimulai kembali.

"Pada pekan ini, kami harus dan akan lebih berfokus pada rencana taktik bermain. Seperti bagaimana kami harus bermain, bagaimana kami harus bertahan, bagaimana kami menyerang," ucapnya.

Pelatih berlisensi UEFA Pro ini juga menuturkan Laskar Sembada harus lebih fokus dalam menjalankan instruksi serta materi yang Ia berikan. Ia juga menegaskan agar para pemain dapat berjuang penuh di setiap pertandingan.

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.