Sukses

Adam Alis Pamer Sempat Packing Koper Sebelum Timnas Indonesia Dinyatakan Lolos 16 Besar Piala Asia 2023

Dalam unggahannya di Instagram Story, Adam Alis memamerkan foto kopernya yang sudah disiapkan untuk dibawa pulang ke Tanah Air.

Liputan6.com, Yogyakarta - Gelandang Timnas Indonesia Adam Alis mengunggah instastory sempat berkemas untuk meninggalkan Qatar sebelum tim Garuda dipastikan lolos ke 16 besar Piala Asia 2023.

Dalam unggahannya di Instagram Story, Adam Alis memamerkan foto kopernya yang sudah disiapkan untuk dibawa pulang ke Tanah Air. Pakaian-pakaiannya sudah di-packing lantaran ia sempat berpikir Indonesia bakal tersingkir di fase grup.

Ia pun memberikan takarir dalam unggahan itu jika Allah sebaik-baiknya perencana. Dalam hal ini Timnas Indonesia berhasil meraih tiket terakhir babak 16 besar Piala Asia 2023.

Merah Putih menjadi salah satu tim dengan peringkat ketiga terbaik. Kepastian itu didapat selepas Oman gagal menggeser peringkat Indonesia karena ditahan imbang Kirgistan 1-1 di fase grup, Kamis (25/1/2024) malam.

"Allah sebaik-baik perencana. Padahal sudah mau rapi ini," tulis Adam Alis dalam Instagram Story pada Jumat (26/1/2023) pagi WIB.

Indonesia berhasil melaju ke babak berikutnya berkat tiga poin yang diraih di Grup D. Poin itu diraih saat memenangkan laga melawan Vietnam pada pertandingan kedua.

Sedangkan dua laga lainnya Adam Alis dkk ditekuk 1-3 oleh Iraq, dan 1-3 oleh Jepang. Hasil ini pun membuat tiga tim dari Grup D lolos ke fase 16 besar.

Prestasi Timnas Indonesia kali ini adalah sebuah pencapaian baru. Pasalnya, ini adalah kali pertama Merah Putih lolos ke 16 besar selama empat kali keikutsertaannya pada 1996, 2000, 2004, dan 2007. Pada empat edisi itu, Indonesia kerap terhenti di fase grup.

Pada babak 16 besar Piala Asia 2023 nanti, Indonesia bersua dengan negara tetangga Australia pada Minggu (28/1/2024). Laga itu akan digelar di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Qatar pukul 18.30 WIB.

Satu hal menarik lainnya adalah capaian ini melengkapi prestasi Shin Tae Yong yang dengan berhasil mengantarkan tiga Timnas Indonesia mulai dari U20, U23, dan senior ke putaran final Piala Asia.

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.