Sukses

Kaesang 'Sindir Tipis-Tipis' PDIP Saat Kampanye PSI di Solo

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep menggelar kampanye terbuka perdana di kota kelahirannya Solo pada Senin (22/1/2024). Di depan massa pendukungnya, putra bungsu Presiden Jokowi itu sempat menyindir PDIP yang memiliki warna atribut yang sama merah sehingga jangan sampai salah saat hari pencoblosan nanti.

Liputan6.com, Solo - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep menghadiri kegiatan kampanye perdana terbuka DPD PSI Solo yang diselenggarakan di Lapangan Jajar, Laweyan, Solo, Senin (22/1/2024). Dalam kampanye tersebut, putra bungsu Presiden Jokowi itu sempat menyindir PDIP.

Pantauan Liputan6.com, massa pendukung PSI  berdatangan ke Lapangan Jajar sekitar pukul 14.00 WIB. Mereka datang dengan mengenakan kaus bergambar pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Dalam kampanye terbuka itu, Kaesang yang ditemani istrinya Erina Gudono terlihat mengenakan jaket tracktop berwarna biru ala serial anime Naruto. Jaket tersebut juga sempat dipakai Gibran yang merupakan cawapres Prabowo di atas podium saat debat cawapres pada Minggu malam (21/1/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Singgung PDIP

Selain Kaesang, kampanye perdana PSI di Kota Solo itu juga dihadiri Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSI, Raja Juli Antoni dan Dewan Pembina PSI, Giring Ganesha. Di depan massa pendukung PSI, Kaesang pun memperkenalkan dirinya sebagai Ketua Umum PSI.

“Bapak ibu kabeh (semua), aku dudu (bukan) Gibran ya, bedo uwong (beda orang). Nek (kalau) aku Ketum PSI karo sing duwe (sama yang punya) Persis Solo. Nek (kalau) Mas Gibran Wali Kota Solo karo (dan) cawapres Pak Prabowo, bedo yo (beda ya). Yo nek diceluk (kalau dipanggil)  Mas Gibran yo wis (ya sudah), pasrah aku,” kata Kaesang di Lapangan Jajar, Solo, Senin (22/1/2024).

Dalam kesempatan itu, ia meminta kepada massa yang hadir di kampanye terbuka itu untuk mencoblos PSI saat Pemilu mendatang. Hanya saja Kaesang kembali mengingatkan agar partai yang dicoblos tidak salah karena warna atribut partai PSI dan partai yang diduga PDIP itu memiliki warna yang sama yakni merah.

Sing (yang) penting tanggal 14 Februari ojo lali (jangan lupa) ke TPS yo. Coblos PSI, abange podo tur bedo yo (merahnya sama tapi beda ya),” ujar dia.

Selain itu, Kaesang juga mengatakan PSI dipimpin oleh anak muda yang enerjik. Tak lupa di depan massa pendukungnya, suami Erina Gudono itu juga menyebut bahwa dirinya tidak memelihara kumis. Kuat dugaan sindiran itu ditujukan kepada Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo yang berkumis tebal.

Sing iki ketua umume iseh enom (yang ini ketua umumnya masih muda), iseh (masih) semangat. Aku yo ora brengosen, brengosku sitik (saya tidak memelihara kumis, kumisku sedikit),” kata dia.

3 dari 3 halaman

Coblos Wajah Gibran

Setelah itu, Kaesang melakukan simulasi pencoblosan pasangan calon nomor urut 2 di kampanye tersebut. Ia pun kemudian menggunakan mencoblos baliho surat suara tepat di gambar wajah Cawapres Gibran Rakabuming Raka. Adiknya itu terlihat beberapa kali mencoblos gambar Gibran.

"Tak kandani nek konco-konco kesel karo Mas Gibran coblose raine Mas Gibran. Nyoh nyoh ngono. Nek kesel coblose Mas Gibran wae yo (tak kasih tahu kalau teman-teman kesal dengan Mas Gibran coblos aja wajahnya Mas Gibran. Kalau kesal coblos Mas Gibran saja ya)," kata dia dengan bercanda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.