Sukses

Tim Arkeolog Temukan Fosil Utuh Gajah Purba di Situs Purbakala Patiayam Kudus

Para professor, peneliti senior dan arkeologi datang berbondong-bondong menjejakan kaki di Pegunungan Patiayam

Liputan6.com, Kudus Situs Purbakala Patiayam Kudus, Jawa Tengah menyimpan potensi besar untuk menguak jendela sejarah peradaban manusia.

Para professor, peneliti senior dan arkeologi datang berbondong-bondong menjejakan kaki di Pegunungan Patiayam yang berada di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kudus

Mereka melakukan penggalian serta penelitian sejak Senin (8/1/2024) hingga Minggu (2/1/2024). Situs Purbakala Patiayam Kudus diketahui memiliki segudang harta karun yang terpendam berusia jutaan tahun yakni Gajah Purba.

Tak mengherankan jika kekayaan peninggalan masa purba itu, memantik ketertarikan para peneliti CPAS (Center for Prehistory and Austronesian Studies) Indonesia, Yayasan Pusat Studi Prasejarah dan Austronesia) BRIN serta Yayasan Dharma Bakti Lestari. 

Dari hasil ekskavasi, Tim CPAS menemukan fosil gajah stegodon dan fosil kerbau di hari ke-11 penggalian fosil di Situs Purbakala Patiayam. Fosil tersebut masih famili dengan fosil gajah yang diduga hidup di lingkungan Patiayam. 

Proses ekskavasi dilakukan pada Sabtu (20/1/2024). Ditemukan dua fosil di dua tempat berbeda yakni di Luwehan dan Bukit Slumprit. 

Tim segera memindahkan hasil temuan tersebut ke Museum Patiayam yang berjarak 5 kilometer dari lokasi. 

Tahapan ekskavasi itu dipantau langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus, Mutrikah dan pendiri Yayasan Dharma Bakti Lestari, Lestari Mordijat. Tak ketinggalan masyarakat Desa Terban, pelajar, Forkompincam dan penggiat pariwisata di Kudus, ikut menyaksikan proses tersebut. 

“Situs Patiayam bukan hanya tempat terkuburnya tulang belulang fosil purbakala. Lebih dari itu, merupakan situs yang mampu mereproduksi kekayaan sejarah peradaban manusia yang dapat memperkokoh nilai-nilai kebangsaan,” ujar Lestari Mordijat selaku pendiri Yayasan Dharma Bakti Lestari saat talk show di halaman Museum Patiayam, Sabtu (20/1/2024)

Rerie sapaan akrabnya mengatakan, situs Patiayam adalah situs purbakala yang luar biasa dengan nilai-nilai sejarah yang menyertainya. Di situs Patiayam yang berjarak 18 kilometer dari pusat Kota Kudus ini, arkeologi banyak menemukan fosil dan artefak yang diduga berusia ratusan ribu tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Status Cagar Budaya

Rerie mengakui, keberadaan situs Patiayam hingga saat ini belum mendapat status sebagai cagar budaya di tingkat nasional. Untuk menjadikan situs Patiayam menjadi cagar budaya nasional, merupakan kerja bersama untuk memperjuangkan kemanusiaan.

“Dengan status cagar budaya nasional, kita memiliki kesempatan lebih dalam untuk meneliti dan mengungkap kehidupan sejarah peradaban yang ada di Patiayam pada masa lalu,” imbuhnya.

Hasil dari penelitian mendalam terhadap situs purbakala Patiayam, Rerie berharap dapat membuka mata para pemangku kepentingan dan mengelola kawasan situs purbakala ini lebih jauh. Sehingga diharapkan mampu menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakat sekitarnya.

Sementara itu, Tim BRIN Arkeologi, Muhammad Mirza Anshori menambahkan, timnya menemukan fosil jenis elephas sejenis fosil gajah. 

Diduga hewan tersebut hidup dan mati di lokasi situs Patiayam. Tim tersebut terus berusaha menggali dan mengangkat fosil tersebut ke Museum Purbakala Patiayam. 

Kedua fosil ditemukan usai penggalian sedalam lebih dari 2 meter. Menariknya, kedua fosil yang ditemukan itu diduga utuh dan mati di tempat dimana ditemukan di Luwehan dan Bukit Slumprit. 

Dua lokasi ini menjadi fokus eskavasi para peneliti CPAS dan Yayasan Dharma Bakti Lestari.

Koordinator Tim Peneliti CPAS, Retno Handini mengakui bahwa proses eskavasi fosil tersebut sangat penting. Sebab dapat memberikan data terkini terkait penelitian di situs Patiayam. 

“Situs Patiayam sebenarnya juga sudah banyak dikenal oleh arkeolog di kancah internasional. Namun sayangnya tidak banyak dikenal di dalam negeri,” tambahnya. 

Penulis: Arief Pramono

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.