Sukses

Lucunya Rolin dan Rolan, 2 Anak Harimau Benggala yang Lahir di Siantar Zoo

Kabar bahagia datang dari Yayasan Taman Hewan Pematang Siantar (THPS) atau Siantar Zoo. Pada 30 Oktober 2023 lalu, 2 ekor anak harimau benggala lahir. Keduanya diberi nama Rolin dan Rolan.

Liputan6.com, Siantar Kabar bahagia datang dari Yayasan Taman Hewan Pematang Siantar (THPS) atau Siantar Zoo. Pada 30 Oktober 2023 lalu, 2 ekor anak harimau benggala lahir. Keduanya diberi nama Rolin dan Rolan.

Nama kedua ekor anak harimau benggala tersebut diberikan langsung Pimpinan Yayasan THPS, Rahmat Shah. Dan pada Selasa, 16 Januari 2024, harimau benggala Rolin dan Rolan dikenalkan ke publik.

Diketahui, nama yang diberikan Rahmat Shah kepada 2 ekor anak harimau benggala itu sesuai dengan nama anaknya, yang juga adik dari aktris cantik Tanah Air, Raline Shah. Uniknya, kedua anak harimau benggala itu memiliki warna berbeda, putih dan kuning.

"Saya mengucap syukur di taman hewan seluas tiga hektare lebih ini, satwa-satwa berkembang biak dengan baik, khususnya kedua ekor harimau benggala yang kini berusia dua bulan lebih," sebutnya.

Harimau benggala merupakan hewan endemik yang tersebar di India, Bangladesh, dan Nepal. Kehadiran 2 anak harimau benggala tentunya akan melengkapi koleksi satwa yang ada di Siantar Zoo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kelahiran Satwa Lain

Diungkapkan Rahmat Shah, selain harimau benggala, ada beberapa hewan lain yang lahir di Siantar Zoo, seperti tapir, rusa, kanguru, burung nuri. Juga burung makau, merupakan salah satu satwa terbaik asal Brazil dan Nikaragua.

"Kemudian ada juga burung nikobar asal Sabang, Aceh, dan banyak lagi," ungkapnya.

Disebutkan Rahmat, pihaknya seterus berupaya meningkatkan prasarana di Siantar Zoo dengan investasi lebih dari Rp 10 miliar, mengingat tingginya kunjungan wisatawan ke Taman Hewan yang berdiri pada 1936 tersebut.

"Taman Hewan Pematang Siantar atau Siantar Zoo mengalami kunjungan membludak, khususnya pascapandemi Covid-19 yang hampir meluluhlantakkan taman hewan di seluruh Indonesia," sebutnya.

3 dari 5 halaman

Perpanjang Pengelolaan

Diterangkan Rahmat Shah, setelah diperpanjang pengelolaan Siantar Zoo, dana yang diusulkan sebesar Rp 10 miliar akan digunakan untuk peningkatan sarana, seperti kafe, permainan, serta hal lainnya di Gedung Serbaguna THPS.

"Juga untuk parkir, karena setiap hari besar atau hari libur, selalu ramai ini," terangnya.

4 dari 5 halaman

Satwa yang Lahir di Siantar Zoo

Dibeberkan Rahmat Shah, satwa-satwa yang lahir di Siantar Zoo pada 2023 sebanyak 17 spesies, dengan jumlah kelahiran 33 kali. Jumlah total kelahiran 49 ekor.

Satwa-satwa tersebut, nuri bayan (3 ekor); walabi (2 ekor); rusa arjuna (8 ekor); rusa timor (4 ekor); rusa tutul (2 ekor); merak biru (7 ekor); phesant yellow (7 ekor).

Kemudian, tapir (1 ekor); rusa bawean (2 ekor); nilgai (1 ekor); phesant reevers (1 ekor); blue and yellow macaw (2 ekor); kijang muncak (1 ekor); berang-berang (3 ekor); harimau benggala (2 ekor) dan junai mas (2 ekor).

5 dari 5 halaman

Kembangkan Taman Hewan di Sergai

Rahmat Shah juga mengungkapkan, saat ini sedang mengembangkan taman hewan yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) sebagai opsi pilihan bagi masyarakat untuk liburan dengan edukasi seluas 20 hektare.

"Kalau ada waktu, kita main ke sana, ya," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini