Sukses

Partisipasi Anak Muda Dibutuhkan untuk Majukan Budaya Betawi

Jakarta memiliki potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang cukup baik. Berbagai macam kebudayaan ada di kota tersebut, namun hal yang tidak boleh dilupakan adalah kebudayaan betawi sebagai budaya lokal yang harus terus mendapat dukungan.

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta memiliki potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang cukup baik. Berbagai macam kebudayaan ada di kota tersebut, namun hal yang tidak boleh dilupakan adalah kebudayaan Betawi sebagai budaya lokal yang harus terus mendapat dukungan.

Zainul Aziz, tokoh masyarakat Kembangan, Jakarta Barat, mengatakan budaya betawi masih perlu didukung agar kedepannya berdampak bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di ibukota.

“Supaya budaya betawi mampu menjadi budaya yang dilestarikan untuk menjadi perkembangan ekonomi kreatif dan kunjungan pariwisata,” ujar Zainul Aziz, dalam diskusi "Tour De Tomo: Kumpul Bareng Warga Jakarta Barat," di Jakarta, Selasa (16/01/2024).

Hal senada juga dikatakan oleh Prihadi Utomo, seorang pengusaha sekaligus caleg DPRD DKI nomor urut 7 dari Partai Golkar. Ia mengaku setuju dengan pernyataan tersebut dan berjanji akan ikut membantu mewujudkannya.

Menurutnya, partisipasi anak muda diperlukan sebagai agen perubahan agar Jakarta menjadi kota yang lebih baik. Sebab, generasi muda betawi harus terlibat untuk mendorong kebudayaan Betawi.

“Pastinya saya di sini memberikan yang terbaik pada golongan anak muda, agar mampu ikut serta menjadi agen kreatif dan up to date dengan zaman”.

Prihadi Utomo yang akrab dipanggil Bang Tomo juga mengatakan, cita-cita memajukan Jakarta yang lebih baik akan terwujud jika menghindari praktik politik uang pada pemilu 2024 mendatang.

"Dalam membangun suatu pemilihan politik, kehadiran massa yang mendukung tidak hanya ditentukan oleh uang. Diskusi seperti yang kita adakan hari ini memberikan kesempatan kepada kalian untuk terlibat, dan semoga ini bisa menjadi modal untuk mendukung acara-acara berikutnya. Pemilihan politik yang hanya didominasi oleh uang tidak akan mampu membawa dukungan nyata. Kita perlu berpikir jauh ke depan," ujar Bang Tomo

Kegiatan yang diinisasi oleh anak-anak muda yang tergabung dalam Sobat Muda Tomo serta Penerus Negeri DKI Jakarta ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari warga yang hadir. Mereka berharap ada inisiasi serupa dari pendukung calon legislatif lain.

“Kita sangat berharap ada inisiatif serupa, harapannya sederhana, agar kita semua mendapatkan yang terbaik untuk Jakarta Barat ini, khususnya di Kecamatan Kembangan, Grogol Petamburan, Palmerah, Kebon Jeruk, dan Tamansari” pungkas Rafi Dartaman selaku penyelenggara kegiatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini