Sukses

Bikin Merinding, Ini 4 Film Dokumenter Kriminal Terbaik 

Di antara kasus-kasus penjahat besar yang terkenal itu adalah kisah Robert Durst dan Gypsy Rose Blanchard. Film itu berisi pembunuhan sensasional, kasus-kasus penting, dan persidangan melelahkan yang kerap menjadi berita utama selama beberapa dekade.

Liputan6.com, Yogyakarta - Menyaksikan film misteri soal kejahatan yang keji barangkali sudah sangat biasa di layar kaca. Namun, ada kesan berbeda jika film itu adalah film dokumenter, apalagi jika kasus yang diangkat adalah pembunuhan berantai.

Di antara kasus-kasus penjahat besar yang terkenal itu adalah kisah Robert Durst dan Gypsy Rose Blanchard. Film itu berisi pembunuhan sensasional, kasus-kasus penting, dan persidangan melelahkan yang kerap menjadi berita utama selama beberapa dekade.

Berikut ini beberapa film dokumenter kriminal terbaik yang dapat disaksikan.

1. The Jinx: The Life and Deaths of Robert Durst

The Jinx menceritakan kisah Robert Durst, ia adalah pewaris hotel di New York yang dihukum sebab melakukan pembunuhan. Kisah ini berfokus pada peran Durst dalam hilangnya istri pertamanya, Kathleen McCormack, pada 1982.

Film dokumenter ini juga membahas pembunuhan temannya, Susan Berman pada medio 2000 dan penembakan mati tetangganya, Morris Black, pada 2001.

Film ini disutradarai Andrew Jarecki, dan telah memenangkan Emmy Award dan Peabody Award. Serial dokumenter yang dibagi ke dalam enam bagian ini ditayangkan perdana pada 2015 dan dapat disaksikan di HBO Max.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mommy Dead and Dearest

2. Mommy Dead and Dearest

Mommy Dead and Dearest menceritakan kisah terkenal Gypsy Rose Blanchard dan ibunya, Dee Dee Blanchard. Film ini membahas peristiwa seputar pembunuhan Dee Dee pada tahun 2015.

Ini menjadi misteri klasik sebelum berubah menjadi kasus pembunuhan yang banyak diperdebatkan. Gypsy Rose dan pacarnya, Nicholas Godejohn, berada di balik pembunuhan tersebut.

Sutradara film ini adalah Erin Lee Carr, yang menyutradarai Britney vs Spears. Ia menangkap momen dari kasus ini yang kemudian menjadi terkenal, setelah detektif mengungkap bahwa Gypsy Rose adalah korban pelecehan emosional dan psikologis di tangan Dee Dee.

Film ini dapat disaksikan di HBO Max. Film ini juga menampilkan laporan langsung dari Gypsy Rose Blanchard dan anggota keluarga lainnya.

 

3. There’s Something Wrong With Aunt Diane

There’s Something Wrong With Aunt Diane yang juga ditayangkan di HBO Max ini menceritakan Taconic State Parkway tahun 2009 setelah Diane Schuler mengemudikan minivannya ke arah yang salah yang menyebabkan kecelakaan hebat.

Kecelakaan tersebut mengakibatkan tabrakan maut dengan sebuah SUV, menewaskan Schuler, putrinya, dan tiga keponakannya, yang berada di dalam minivan tersebut. Tiga orang lainnya yang berada di dalam SUV tersebut juga tewas dalam tragedi tersebut.

There’s Something Wrong With Aunt Diane mengacu pada panggilan telepon yang dilakukan salah satu keponakan Schuler sesaat sebelum kecelakaan itu. Pemeriksaan selanjutnya mengungkapkan tingkat keracunannya sebagai penyebab kecelakaan.

Liz Garbus menyutradarai film dokumenter ini. Garbus dan timnya memeriksa timeline dengan seksama menjelang insiden mengerikan tersebut. Kesimpulan mereka atas kejadian tersebut memberikan penjelasan berbeda atas kecelakaan kendaraan bermotor yang mengerikan tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Beware The Slenderman

4. Beware the Slenderman

Film dokumenter Beware the Slenderman dibuat tahun 2016. Kisahnya menceritakan ini penikaman Slenderman yang terkenal yang terjadi di Waukesha, Wisconsin, pada Mei 2014.

Penikaman itu dilakukan oleh teman-temannya, Anissa Weier dan Morgan Geyser. Keduanya ini menebas Leutner sebanyak 19 kali, membuat kejahatan tersebut tampak seperti kasus Slender Man yang menyeramkan. Selain itu, film dokumenter ini menawarkan gambaran rinci tentang motif di balik penikaman tersebut dan mencakup wawasan dari keluarga Weier dan Geyser.

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini