Sukses

Kapolda NTT Terjun Langsung Salurkan Bantuan untuk Korban Erupsi Gunung Lewotobi

Kapolda NTT Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga, meninjau langsung korban erupsi gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur, Senin 8 Januari 2024

Liputan6.com, Flores - Kapolda NTT Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga, meninjau langsung korban erupsi gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur, Senin 8 Januari 2024.

Selain meninjau langsung kondisi korban di posko pengungsian, Kapolda juga memberikan bantuan sosial kepada warga yang terdampak erupsi Gunung Lewotobi di Kecamatan Wulanggitang.

Ikut bersama Kapolda NTT, Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigadir Jenderal TNI Febriel Buyung Sikumbang dan Danlanud El Tari Kupang Marsma TNI Djoko Hadi Purwanto.

Kapolda NTT dan rombongan tiba di Bandara Gewayantana - Larantuka menggunakan pesawat Polisi jenis Casa 212-200/P4101. Mereka disambut Penjabat Bupati Flotim, Doris Alexander Rihi dan Forkopimda Flotim.

Kapolda NTT Irjen Pol. Daniel mengatakan kunjungannya itu bertujuan selain melihat langsung kondisi warga korban terdampak erupsi, juga menyalurkan bantuan sosial. Ia berharap bantuan tersebut digunakan sebaik-baiknya dan tepat sasaran.

“Semua bantuan ini diberikan untuk pengungsi, nanti dibagi merata kepada masyarakat terdampak” ujarnya.

Danrem Brigjen TNI Febriel Buyung mengapresiasi para nakes dari pemda maupun TNI-POLRI serta relawan yang sudah membantu memberikan pelayanan kepada para korban terdampak erupsi gunung lewotobi laki-laki.

“Terima kasih sudah hadir dan memberikan pelayanan kepada saudara-saudari kita yang menjadi korban terdampak erupsi gunung, semoga keadaan secepatnya membaik sehingga kita semua dapat kembali beraktivitas seperti biasa,” ujar Danrem.

Setelah menyerahkan bantuan, rombongan Kapolda NTT meninjau dapur umum serta para pengungsi yang dibangun oleh TNI-POLRI di posko-posko pengungsian.

Sementara Kabidhumas Polda NTT, Kombes Pol Arsyandi mengatakan kedatangan Kapolda NTT untuk memberikan bantuan sosial itu sebagai bentuk kepedulian Polda NTT terhadap masyarakat yang terdampak.

"Ini sebagai langkah nyata Polri hadir membantu warga yang terdampak bencana," ujarnya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ransus Watergen

Warga korban erupsi Gunung Lewotobi di wilayah Kecamatan Wulanggitang dan Ile Bura, Kabupaten Flores Timur (Flotim), Nusa Tenggara Timur (NTT) mendapat bantuan air bersih melalui inovasi luar biasa Ransus (kendaraan khusus) Watergen Sat Brimob Polda NTT.

Ransus Watergen menciptakan solusi unik dengan mengubah udara sekitar menjadi air bersih melalui proses penguapan atau kondensasi tetesan embun. Air yang dihasilkan kemudian melewati sistem penyaringan dan ditampung di penampung eksternal hingga menjadi air minum yang siap dikonsumsi masyarakat.

Wakil Batalyon B Pelopor Brimob Polda NTT, AKP Agustinus Silvester, mengatakan air bersih dari Ransus Watergen menjadi kebutuhan krusial bagi masyarakat yang sedang mengungsi.

"Kendaraan ini didatangkan langsung dari Mako Brimob Polda NTT di Kupang," katanya kepada Liputan6.com, Senin 8 Januari 2024.

Menurut AKP Agustinus, setiap hari Ransus Watergen dapat memproduksi puluhan hingga ratusan liter air mineral yang langsung dapat dikonsumsi.

"Air hasil penyulingan ini langsung bisa dikonsumsi atau diminum. Dengan kehadiran mobil Ransus Watergen ini, kita berharap dapat memenuhi kebutuhan akan air bersih bagi korban terdampak erupsi Gunung Lewotobi," katanya.

Ia menambahkan keberadaan Ransus Watergen menjadi pionir dalam memberikan solusi dan harapan bagi para pengungsi akan kebutuhan air bersih.

"Inovasi ini membuktikan bahwa di tengah bencana alam, teknologi dapat menjadi sahabat yang dapat mengubah keadaan sulit menjadi lebih baik dan memberikan sentuhan harapan bagi mereka yang membutuhkan," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.