Sukses

Menikmati Sensasi Unik Makan Empal Gentong Dengan Satai Maranggi di Cirebon

Irwan mengatakan, konsep makan empal gentong di tempat usahanya berbeda dengan kebanyakan

Liputan6.com, Cirebon Empal gentong merupakan salah satu kuliner tradisional Cirebon yang tak pernah dilewatkan dalam setiap kunjungan wisatawan terutama pada momen libur Natal dan Tahun Baru

Salah satu empal gentong enak di Cirebon yakni Empal Gentong H Irwan yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman Ciperna Cirebon tepatnya di Depan Kantor Jasa Marga.    

Menurut H Irwan, masa libur nataru saat ini pengunjung yang datang lebih banyak. Terlihat saat momen libur natal, kedai empal gentongnya selalu ramai pengunjung. 

"Jadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha baik UMKM khususnya kuliner khas Cirebon," kata Irwan Kusnadi, Jumat (29/12/2023).

Irwan mengatakan, konsep makan empal gentong di tempat usahanya berbeda dengan kebanyakan. Pengunjung diberikan pengalaman menyantap empal gentong dengan cita rasa yang khas.

Ia mengaku, pengunjung terus bertambah setiap harinya sejak libur Nataru.

“Selama memasuki musim liburan jumlah pengunjung meningkat 3 sampai 4 kali lipat daripada hari biasa,” katanya.

Oleh karena itu, Irwan terus memberikan pelayanan terbaik kepada pengunjung. Seperti menambah daya tampung rumah makan dengan menyesuaikan jumlah pengunjung. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Satai Maranggi

Kedatangan pengunjung biasanya mulai ramai di jam makan siang hingga sore hari. Pengunjung yang melakukan sarapan di Empal Gentong H. Irwan juga tidak bisa dibilang sedikit.

“Kami menambah jumlah kursi dan meja agar pengunjung bisa menikmati kuliner khas Cirebon ini dengan nyaman. Penambahan jumlah meja sekitar 30 persen menyesuaikan pengunjung yang ada,” imbuhnya.

Namun demikian, katanya, pengunjung yang tidak sempat merasakan nikmatnya Empal Gentong H. Irwan di Cipernah tidak perlu khawatir. 

"Empal Gentong H. Irwan juga tersedia di rest area Tol Cipali (KM 166) dan rest area Tol Palikanci (KM 207) hingga ruas tol Semarang," katanya.

Empal Gentong H. Irwan tak pernah gagal memberikan pengalaman baru dalam menikmati kuliner khas Cirebon karena disajikan di dalam gentong mini yang terbuat dari tanah liat. 

Empal Gentong dan Empal Asem serta sate Maranggi dan sate kambing siap memuaskan dahaga pecinta kuliner. 

Selain itu, di Empal Gentong H. Irwan juga tersedia masakan khas Sunda seperti ayam goreng, ikan nila, burung malon goreng dan lainnya.

“Kami selalu menjaga cita rasa dengan daging sapi kualitas terbaik dibalut bumbu-bumbu atau rempah grade A. Setiap sebelum hari cita rasa selalu dikontrol, hal ini untuk menjaga kualitas agar Empal Gentong H. Irwan memiliki rasa nikmat dan gurih yang menggugah selera,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.