Sukses

Tak Perlu Risau, Kini Warga Surabaya Dapat Mengurus Paspor di Hari Libur

Warga Surabaya dan sekitarnya tak perlu risau, sebab Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Tanjung Perak , Jawa Timur membuka program layanan Paspor Simpatik yang dapat dilakukan pada hari libur atau di luar jam operasional kerja.

Liputan6.com, Jakarta - Warga Surabaya dan sekitarnya tak perlu risau, sebab Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Tanjung Perak , Jawa Timur membuka program layanan Paspor Simpatik yang dapat dilakukan pada hari libur atau di luar jam operasional kerja.

Kali ini Kantor Imigrasi Tanjung Perak membuka Program Paspor Simpatik di Pasar Atom Mall, Surabaya. Layanan tersebut dilaksanakan satu kali dalam sebulan tepatnya di akhir pekan terutama Sabtu dan Minggu.

Kepala Kanim Kelas I TPI Tanjung Perak, Verico Sandi mengatakan, layanan tersebut meliputi permohonan paspor baru dan penggantian paspor.

"Layanan Paspor Simpatik ini untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang hanya memiliki waktu di akhir pekan," ujar Verico Sandi, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (17/12/2023).

Verico juga menjelaskan, bagi masyarakat yang ingin mengurusnya pun sangat mudah yakni pemohon paspor harus terlebih dahulu mengajukan pendaftaran melalui website kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak.

"Layanan ini diharapkan dapat mendekatkan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Perak sebagai penyelenggara layanan dengan masyarakat sebagai pengguna layanan, serta lebih memudahkan masyarakat dalam mengurus paspor," pungkasnya.

Hal serupa diutarakan Agus Surono Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian Kanim Kelas I TPI Tanjung Perak, ia menjelaskan dengan dibukanya layanan Paspor Simpatik ini untuk membantu warga yang kesulitan mengurus paspor pada jam operasional karena kesibukan pekerjaan.

Agus Surono berpendapat program ini juga bagian dari inovasi Kantor Imigrasi TPI I Tanjung Perak yang telah mendaptkan predikat WBK dan WBBM. Ia pun berharap program tersebut dapat memberikan manfaat dan kemudahan bagi para warga Surabaya dan sekitarnya.

"Layanan ini diberikan untuk memfasilitasi masyarakat yang hanya memiliki waktu di akhir pekan," Agus Surono menimpali.

Sementara itu, Indah salah satu pemohon asal Surabaya yang juga berprofesi sebagai pegawai negeri sipil menyampaikan kepuasannya terhadap pelayanan yang diberikan petugas imigrasi.

Menurutnya dengan layanan tersebut, dirinya dapat mengurus paspor tanpa menggangu aktivitas pekerjaanya, apalagi ia juga datang bersama anaknya saat libur sekolah untuk membuat paspor tersebut.

"Program ini sangat membantu sekali terutama bagi para pekerja dan pelajar. Tak hanya itu pelayanannya yang diberikan cepat, mudah dan ramah,” Indah mengakhiri.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.