Sukses

Pemkab Serang Jamin Keamanan Wisatawan Anyer-Cinangka Saat Libur Nataru

Pemerintah menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat yang menghabiskan waktu libur panjang pada momen natal dan tahun baru (nataru).

Liputan6.com, Serang - Pemerintah menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat yang menghabiskan waktu libur panjang pada momen natal dan tahun baru (nataru). Pemkab Serang bersama BMKG, PVMBG, TNI, Polri hingga PHRI telah menggelar rapat bersama pada Rabu, 13 Desember 2023, untuk mempersiapkan kedatangan wisatawan ke Pantai Anyer hingga Cinangka.

"Kami semua memastikan bahwa Pantai Anyer-Cinangka, Insyaallah aman dan nyaman untuk berwisata," ujar Ratu Tatu Chasanah, Bupati Serang, dalam keterangan resminya, Kamis, (14/12/2023).

Menurut Tatu, pihaknya bersama instansi lain, sudah mempersiapkan pengamanan bagi para wisatawan pada perayaan Natal maupun tahun baru 2024. Mulai dari pengaturan lalu lintas, hingga penguatan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan. Berbagai stakeholder berperan, mulai dari Pemkab Serang, TNI-Polri, PHRI dan para pelaku wisata lainnya.

Bupati Serang dua periode itu menargetkan okupansi atau tingkat hunian hotel di kawasan Anyer hingga Cinangka bisa mencapai 100 persen.

"Kami minta yang ingin berwisata tenang, bisa berlibur di Anyer-Cinangka, di sini aman, di sini nyaman. Jika banyak wisatawan, tentu tidak hanya hotel yang berdampak positif, tetapi juga ke tempat-tempat kuliner, UMKM, dan pelaku pariwisata lainnya. Semua akan menggerakkan ekonomi masyarakat," tegasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kondisi Cuaca

Secara umum, untuk cuaca di Kabupaten Serang aman untuk dikunjungi oleh wisatawan ataupun para pemudik saat momen libur nataru.

Meski sudah memasuki musim hujan sejak November, tetapi hingga 10 Januari, diperkirakan levelnya masih di bawah normal. Saat ini, kata dia, masih pada masa transisi musim kemarau ke hujan.

"Selama periode Natal dan tahun baru cuacanya memang akan didominasi berawan hingga hujan ringan khususnya untuk wilayah Kabupaten Serang. Jadi untuk para pemudik dan wisatawa aman untuk melakukan aktivitas di luar ruangan," kata Ana Oktavia Setiawati, Ketua Tim Kerja Metrologi dan Klimatologi pada Balai Besar Metrologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah II Banten, dalam keterangan resminya, Kamis, (14/12/2023).

Menurutnya, BMKG rutin menyampaikan informasi prakiraan cuaca melalui berbagai kanal media sosial. Bahkan masyarakat bisa melihat kondisi cuaca di mana pun berada melalui aplikasi infobmkg. 

Terkait Gunung Anak Krakatau (GAK), kata Ana, status masih aktif. Namun pihaknya turut memasang alat sensor gempa dan pengukuran tinggi gelombang.

"Kami harapkan, semua bisa meyakinkan masyarakat untuk tetap berlibur dengan rasa aman, tetapi dengan tetap update informasi dari kami," ujarnya.

Sementara itu, Pengamat Pos Pantau GAK Pasauran, Jumono mengatakan, kondisi GAK saat ini berstatus level III atau siaga. Jarak yang tidak boleh didekati sekitar 5 kilometer dari kawah GAK. Sementara jika ditarik garis lurus, jarak GAK ke daratan atau pantai sekira 42 kilometer.

"Jadi Insyaallah aman,” tegasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.