Sukses

Jadwal KA Bandung Tak Terdampak Longsor di Banyumas

Jadwal keberangkatan tiga rangkaian kereta api (KA) tidak terdampak longsor di Banyumas.

Liputan6.com, Bandung - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (PT KAI Daop) 2 Bandung menyebutkan jadwal keberangkatan tiga rangkaian kereta api (KA) tidak terdampak longsor di Banyumas.

Longsor yang terjadi dini hari di kilometer 340+100, antara Stasiun Karanggandul-Karangsari, Banyumas, dipicu oleh tingginya intensitas curah hujan.

Menurut Menurut Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Ayep Hanapi, seluruh jadwal keberangkatan KA dari Stasiun Bandung menuju Timur Pulau Jawa tepat pada waktunya.

"Keberangkatan dari Stasiun Bandung yaitu KA 92 Lodaya Pagi relasi Bandung- Solo Balapan berangkat tepat jam 06.55 WIB. KA 6 Argo Wilis Relasi Bandung -Surabaya Gubeng berangkat tepat jam 07.40 WIB dan KA 182 Baturaden Ekspres Relasi Bandung-Purwokerto berangkat tepat 08.10 WIB," ujar Ayep dalam keterangan tertulisnya, Bandung, Senin, 4 Desember 2023.

Ayep mengatakan sementara itu terdapat dua rangkaian KA dari Daerah Operasi 1 Jakarta terpaksa harus memasuki jalur Daop 2 Bandung akibat kejadian di Banyumas pada pukul 00.58 WIB, jalur hilir terdampak tebing longsor karena curah hujan tinggi.

Tiga rangkaian KA yang memutar yang melewati Daop 2 itu adalah KA 148CC (Sawunggalih relasi Pasar Senen - Kutoarjo (Ckp - Bd - Kya) berangkat dari Pasar Senen 07.10 WIB tepat.

Kemudian KA 138CC (Gajahwong) relasi Pasar Senen - Lempuyangan (Ckp - Bd - Kya) dan berangkat dari Pasar Senen 07.35 WIB tepat.

"Sementara dari timur KA Sawunggalih relasi Kutorjo - Pasar Senen. KA tersebut yang harusnya lewat Cirebon-Purwokerto menjadi memutar lewat Daop 2 Bandung," terang Ayep.

Ayep menyatakan PT KAI Daop 2 Bandung menyampaikan permohonan maaf apabila terjadi keterlambatan dan ketidaknyamanan pengguna KA akibat terdampak longsor di Wilayah Daop 5 Purwokerto yang mengakibatkan sejumlah KA memutar ke lintas selatan.

Namun intinya, kata Ayep, PT KAI Daop 2 Bandung tetap berkomitmen untuk menjaga keselamatan perjalanan kereta api.

Masyarakat yang membutuhkan informasi terkait perjalanan dan pelayanan KA dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial @KAI121.

"Kondisi sekarang masih dalam penanganan di Wilayah Daop 5. KAI Daop 2 Bandung mengucapkan permohonan maaf atas adanya ketidaknyamanan perjalanan kereta api," sebut Ayep.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perjalanan Kereta Dialihkan

Dicuplik dari akun Instagram resmi akibat dari kejadian itu perjalanan kereta yang terdampak dialihkan memutar.

PT KAI, PT KAI Daop 5 Purwokerto, menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan pelanggan, akibat jalur rel yang terdampak longsor tersebut.

Kronologis kejadian dilansir oleh Liputan6.com, pada pukul 00.58 WIB, jalur hilir terdampak tebing longsor karena curah hujan tinggi.

Tim Gabungan KAI Daop 5 Purwokerto langsung melakukan penanganan dan jalur hulu tetap dapat dilalui, sehingga perjalanan KA dialihkan menjadi satu jalur melalui hulu dan KA tetap berjalan.

Kemudian, pada pukul 04.27 WIB, petugas lapangan KAI melaporkan bahwa kembali terjadi longsor, sehingga dua jalur yakni hilir dan hulu terdampak longsoran.

Akibat dari longsor yang terjadi, untuk sementara waktu jalur kereta tersebut belum dapat dilalui, dan demi keselamatan dan penanganan jalur hilir dan hulu yang terdampak, maka perjalanan kereta dialihkan memutar.

KA dari Jakarta tujuan Yogyakarta atau sebaliknya dialihkan melalui Bandung, sedangkan KA dari Jakarta tujuan Solo atau sebaliknya dialihkan lewat Semarang, mengutip Antara.

 

3 dari 3 halaman

10 Perjalanan Kereta Api Dialihkan

Mencuplik kanal Bisnis, Liputan6.com, Kereta Api Indonesia Daop 6 mengalihkan rute perjalanan akibat longsor Banyumas yang terjadi di KM 340+100 antara Stasiun Karanggandul-Karangsari di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin dini hari.

Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiantoro di Solo, Jawa Tengah, Senin mengatakan akibat kejadian longsor tersebut, ada beberapa relasi yang dialihkan memutar lewat jalur utara melalui Gundih-Semarang-Tegal-Cirebon.

Ia mengatakan hingga pukul 08.00 WIB terdapat sepuluh KA tujuan dan keberangkatan stasiun Daop 6 yang dialihkan memutar.

Sepuluh KA tersebut yakni KA Kamandaka, Ranggajati, Argo Semeru, Fajar Utama Solo, Fajar Utama Yogyakarta, Bengawan, Gajahwong, Taksaka, dan Argo Lawu.

"Selain itu ada Fajar Utama Yogya keberangkatan pukul 07.00 WIB lewat Kroya-Banjar-Bandung-Cikampek-Jakarta," katanya.

Selain itu, ada pula KA Argo Lawu keberangkatan Solo pukul 08.30 WIB lewat Gundih-Semarang-Tegal-Cirebon-Jakarta.

"Untuk KA dari Jakarta dengan tujuan Klaten hingga Yogyakarta, Daop 6 Yogyakarta memberlakukan overstappen atau pengalihan moda transportasi seperti bus atau alternatif KA dari arah Solo ke Klaten dan Yogyakarta," katanya.

Terkait hal itu, pihaknya mengimbau para pelanggan tidak perlu khawatir. KAI akan tetap memberikan pelayanan prima kepada para penumpang.

"Kami juga mengimbau para penumpang (kereta api) untuk terus memperhatikan arahan petugas di stasiun," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.