Sukses

Pemerintah Jawa Barat Sediakan 16 Ribu Tiket Gratis Angkutan Antarmoda BIJB Kertajati

Tiket gratis angkutan antarmoda BIJB Kertajati tersebut sudah dimulai dari 1 Desember hingga 30 Desember.

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Jawa Barat menyediakan 16 tiket gratis angkutan antarmoda Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Tiket gratis angkutan antarmoda BIJB Kertajati tersebut sudah dimulai dari 1 Desember hingga 30 Desember. Menurut Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, hal itu bertujuan untuk meningkatkan minat masyarakat menggunakan BIJB Kertajati. 

"Dari (kota) Bandung ada beberapa titik, dari Cirebon juga ada, Subang. Kalau di Bandung di Kebon Kawung ya untuk DAMRI, dan juga ada angkutan dari swasta juga," ujar Bey dalam siaran medianya, Bandung, Senin, 4 Desember 2023.

Bey mengatakan tiket gratis tersebut untuk antarmoda dari pemerintah seperti Damri dan juga pihak swasta, seperti PT MS Trans, PT City Trans Utama, PT Bhinneka Sangkuriang, PT Purwa Trans, PT Arnes Shuttle dan PT HS Budiman 45. 

Bey menuturkan, tiket gratis tersebut tidak hanya untuk penumpang pesawat dari Kertajati, tetapi juga masyarakat umum yang ingin mengetahui dan berkunjung ke BIJB Kertajati. Tujuannya untuk mempromosikan sekaligus mendekatkan BIJB Kertajati dengan masyarakat. 

"Tidak hanya penumpang, masyarakat juga ada yang ingin tahu Kertajati. Jadi kita juga berharap promosi itu mengubah Kertajati, baik dan bagus, dari masyarakat. Jadi tidak hanya penumpang pesawat, bagi masyarakat dan pelajar bisa. Jadi upaya kita untuk mempromosikan Kertajati," kata Bey.

Teknis mendapatkan tiket gratis tersebut sebut Bey, masyarakat hanya perlu mendatangi seluruh perusahaan negara maupun swasta yang menyediakannya.

Rincian rute tujuan yang disediakan yaitu Bandung – Bandara Kertajati, Cirebon - Bandara Kertajati, Sumedang - Bandara Kertajati, Kuningan - Bandara Kertajati, Karawang - Bandara Kertajati, Cimahi - Bandara Kertajati, Purwakarta - Bandara Kertajati dan Indramayu - Bandara Kertajati.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Promosikan BIJB Kertajati

Selain menerbitkan tiket gratis, Bey mengajak semua pemegang kebijakan (stakeholders) pariwisata dan influencer untuk mempromosikan BIJB Kertajati di Majalengka.

Menurut Bey, jika BIJB Kertajati semakin dikenal luas masyarakat, maka sektor pariwisata di Kawasan Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan) akan semakin berkembang. 

"Jawa Barat sudah memiliki BIJB yang juga peringkat kedua bandara terluas di Indonesia, dan saat ini kami terus promosi. Tentunya, kami sangat berharap dengan kehadiran bapak dan ibu, Kertajati semakin dikenal dan didatangi," ucap Bey dalam acara Gala Dinner Kertajati Familiarization Trip di Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (2/12/2023).

Bey juga menuturkan, acara yang dihadiri oleh travel agent, influencer, Gerakan Pesona Indonesia (GenPI), dan sejumlah organisasi kepariwisataan tersebut menjadi bukti nyata komitmen Pemda Provinsi Jawa Barat untuk mempromosikan BIJB Kertajati sekaligus pariwisata Ciayumajakuning. 

"Tentunya saat ini media sosial sangat berpengaruh dalam kehidupan kita. Karena pengaruh media sosial, banyak wisatawan yang hadir ke suatu tempat. Adapun salah satu daya tariknya adalah pariwisata Jabar yang sangat beragam, dari mulai gunung, kuliner, fashion, sampai wisata bahari juga ada," ucap Bey. 

Dengan kolaborasi yang kuat berbagai pihak, kata Bey, BIJB Kertajati akan semakin familier. Sejalan dengan promosi tersebut, Pemda Provinsi Jawa Barat juga akan terus mendorong pengembangan pariwisata di Ciayumajakuning. 

"Agar ditingkatkan (fasilitas), pemerintah juga perlu masukan kritikan agar Jabar lebih baik lagi memberikan pelayanan pariwisata," tutur Bey.

Selain itu, Bey juga mendorong promosi kereta cepat Whoosh dan menghubungkan dengan pariwisata Ciayumajakuning. 

Bey mengusulkan adanya paket wisata yang dapat menghubungkan BIJB Kertajati, destinasi wisata Ciayumajakuning, dan kereta cepat Whoosh.

"Kalau ada, akan sangat menarik, karena Whoosh pasarnya bukan hanya domestik, tapi juga Asia Tenggara," terang Bey.

 

3 dari 3 halaman

Sudah Layani 17.000 Penumpang

Hingga November 2023, BIJB Kertajati Majalengka sudah melayani lebih dari 17.000 penumpang sejak beroperasi penuh pada 29 Oktober 2023.

Direktur Utama PT BIJB (Perseroda) Muhammad Singgih menuturkan, jumlah penumpang tersebut menjadi awal yang baik bagi BIJB Kertajati untuk terus berkembang dan menjadi bandara pilihan utama masyarakat Jabar.

"17 ribu lebih (penumpang yang terbang dari BIJB Kertajati). Ini cukup baik untuk Kertajati. Saya pikir masyarakat sudah mulai menggunakan Kertajati itu secara baik," kata Singgih pada Jumat bulan lalu (10/11/2023).

Ada tujuh rute penerbangan pesawat jet yang pindah dari Bandara Husein ke Kertajati. Tujuh rute itu adalah penerbangan dari dan menuju Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Denpasar, Makassar, Medan, dan Palembang.

Maskapai yang melayani penerbangan AirAsia, Super Air Jet, hingga Citilink. Operator bandara menjadwalkan rute beroperasi setiap hari.

Menurut Singgih, rute Kertajati-Denpansar paling banyak diminati. Dalam sehari, ada sebanyak tiga sampai empat kali penerbangan menuju Denpasar. Selain Denpasar, rute menuju Medan dan Balikpapan cukup tinggi.

"Tiga rute itu termasuk yang favorit. Jadi, saya pikir memang ini rute-rute yang akan berkembang terus, di luar rute-rute yang ada juga nanti kita lihat permintaan dari penumpang," ucap Singgih.

Singgih juga mengatakan, pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas fasilitas dan kenyamanan penumpang. Hal itu dilakukan untuk memastikan pelayanan BIJB Kertajati dapat memuaskan masyarakat.

"Tenant-tenant walau sudah ada, tetap membuka kesempatan terus dan berusaha meningkatkan terus supaya kenyamanan penumpang saat di bandara itu lebih optimal, lebih baik," tutur Singgih.

BIJB Kertajati menyediakan ruang untuk pelaku UMKM Jabar menjual sekaligus mempromosikan produknya. Tujuannya agar produk-produk khas Jabar dapat tampil di BIJB Kertajati.

Singgih pun mengajak masyarakat Jawa Barat untuk mulai memanfaatkan kehadiran BIJB Kertajati, khususnya wilayah Bandung Raya dan Ciayumajakuning.

"Mari jadikan Kertajati itu sebagai bandara kebanggaan masyarakat Jawa Barat. Alasan lain untuk pergi ke atau melalui Kertajati adalah lebih cepat, lebih murah, dan lebih mudah," tukas Singgih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini