Sukses

Bacaan Doa Ayat Seribu Dinar, Doa untuk Pembuka Pintu Rezeki

Bacaan ayat seribu dinar merupakan doa yang dipercaya dapat membuka pintu rezeki.

Liputan6.com, Bandung - Beberapa hari terakhir media sosial dihebohkan dengan video viral artis populer Indonesia Prilly Latuconsina. Artis berusia 27 tahun itu diketahui membagikan amalan doa ayat 1000 dinar yang dipercaya bisa memperlancar rezeki dan mempermudah hidupnya.

"Saya memang doa itu setiap hari untuk rezeki lancar jadi sehabis habis minta semuanya pengampunan dosa bersyukur dengan ditutup ayat 1.000 dinar,” kata Prilly.

Prilly juga menyebut sering membacakan ayat 1.000 dinar bersamaan dengan kegiatan doa lainnya. Selain itu, dia juga menyebutkan bagaimana urutannya membaca doa setiap hari selain membaca ayat 1000 dinar.

"Pokoknya cari aja ada semua cara cara doa supaya permintaan kita dikabulkan jadi pembukaan doa apa urutannya apa ditutup pakai ayat apa itu ada. Kalau aku minta, habis minta minta ampun dosa, bersyukur, ayat 1000 dinar, sholawat," ujarnya.

Untuk diketahui, ayat seribu dinar dipercaya oleh umat Muslim sebagai doa yang mempunyai banyak keistimewaan. Bahkan, doa ini dianggap sebagai doa yang bisa mendatangkan rezeki dari Allah SWT.

Selain itu, membacakan ayat seribu dinar juga dipercaya memberikan manfaat yang besar terutama untuk mendapatkan amalan yang besar. Khususnya untuk memohon kecukupan dan agar rezeki didapatkan dari sumber yang tidak terduga.

Ayat 1.000 dinar merupakan bacaan doa pendek yang ada di dalam Al-Quran. Ayat seribu dinar diambil dari bagian akhir ayat ke 2 dan seluruh bagian ayat ke 3 surat At Thalaq.

Mengutip dari Baznas, ayat 1.000 dinar merupakan salah satu ayat yang banyak dibacakan oleh umat muslim. Hal tersebut karena keistimewaan yang dimilikinya yang tidak hanya membuka pintu rezeki namun juga meningkatkan ketakwaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bacaaan Ayat 1.000 Dinar

Ayat seribu dinar merupakan salah satu ayat yang diambil dari surat Al-Thalaq ayat 2-3 dalam Al-Quran. Ayat ini dipercaya sebagai ayat yang  bisa mendatangkan rezeki terutama rezeki yang melimpah dan tidak terduga.

وَمَنْ يَّتَّقِ اللّٰهَ يَجْعَلْ لَّهٗ مَخْرَجًا ۙ وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗاِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمْرِهٖۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

(Wa may yattaqillaha yaj al-lahu makhraja. Wa yarzuq-hu min aisu la yahtasib, wa may yatawakkal alallahi fa huwa hasbuh, innallaha baligu amrih, qad ja alallahu likulli syai in qadra)

Artinya: “Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang di (kehendaki)-Nya, sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu,” (QS Ath-Thalaq: 2-3).

3 dari 4 halaman

Keutamaan Membaca Ayat Seribu Dinar

Terdapat banyak sekali keutamaan dalam membaca ayat seribu dinar berikut ini adalah keutamaannya:

1. Allah Telah Menetapkan Segala Sesuatu

Ketika seseorang tidak bisa mencelakakan seseorang yang bertakwa kecuali sudah ditetapkan oleh Allah SWT. Mempunyai makna bahwa Allah telah memberikan ketetapan atas segala sesuatunya kepada setiap umatnya.

Sehingga apapun segala sesuatu baik tentang rezeki atau pertolongan yang diberikan untuk menghadapi permasalahan yang dimiliki telah ditetapkan oleh Allah SWT.

2. Mendapat Rezeki Tidak Terduga

Membaca ayat seribu dinar juga dipercaya bisa memberikan rezeki kepada umat muslim yang mengamalkannya. Pasalnya ayat seribu dinar dapat memudahkan seseorang dalam permasalahannya terutama terkait rezeki dan hidupnya bisa dalam keadaan yang cukup dan tidak kekurangan rezeki.

3. Menjadi Bertakwa Kepada Allah SWT

Seseorang yang mengamalkan doa ayat seribu dinar juga menyadarkan umatnya untuk bertakwa kepada Allah SWT. Terutama untuk melakukan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

Tentunya umat muslim harus bisa bertakwa dengan hati yang ikhlas dan Allah menyukai hambanya yang bertakwa.

4. Allah Memberikan Kemudahan

Seperti disebutkan sebelumnya mengamalkan ayat seribu dinar senantiasa memberikan kemudahan kepada umatnya. Sehingga Allah akan memberikan jalan keluar atas masalah-masalah yang dihadapinya.

4 dari 4 halaman

Sejarah Ayat 1000 Dinar

Ayat seribu dinar ternyata mempunyai sejarah tersendiri yaitu berawal dari seorang pedagang yang mendapat kunjungan dari Nabi Khidir. Saat itu dalam mimpinya Nabi Khidir meminta pedagang untuk memberikan sedekah 1000 dinar emas kepada fakir miskin.

Kemudian setelah melaksanakan permintaan tersebut sang pedagang akan merasakan keberkahan. Dalam mimpi lainnya Nabi Khidir menyarankan agar pedagang tersebut membaca dan mengamalkan ayat-ayat suci Al-Quran dengan sangat bersungguh-sungguh.

Hal tersbut bertujuan agar mendapatkan perlindungan serta keselamatan dan sang pedagang tersebut terus mengamalkan ayat-ayat tersebut. Kemudian keajaiban akhirnya terjadi dan ketika ia selamat dari kecelakaan kapal dan akhirnya menjadi raja di tanah asing.

Melalui kisah tersebut muncul “ayat 1000 dinar” yang menjadi simbol keberkahan serta keajaiban. Terutama untuk menyertai pembaca ayat-ayat suci Al Quran dan untuk menghadapi ujian hidup dan dapat mengubah nasib seseorang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini