Sukses

Perkuat Kemitraan Internasional, UNIDA Kolaborasi dengan Kampus Terkemuka di AS

Universitas Djuanda (UNIDA) terus melakukan penguatan kemitraan internasional dalam upaya pencapaian visi-misi menuju UNIDA unggul

Liputan6.com, Jakarta - Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor terus melakukan penguatan kemitraan internasional dalam upaya pencapaian visi-misi menuju UNIDA unggul. Belum lama, delegasi UNIDA melawat ke Amerika Serikat (AS).

Delegasi UNIDA dipimpin Pro Chancellor Dr. Abraham Yazdi Martin, S.H., M.Kn, dan Rektor Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D,. Hadir pula dalam rombongan Kepala Badan Pengembangan Keilmuan (BPK) Dr. Rasmitadila, M.Pd dan Pengurus Yayasan Pendidikan Amaliah Djuanda, Dr. Nova Monaya, S.H., M.Kn.

Pro Chancellor Dr. Abraham menyampaikan, kemitraan internasional adalah elemen penting seiring dengan visi UNIDA sebagai Universitas Riset yang Menyatu Dalam Tauhid dan Diakui Dunia. Lawatan ke AS ini merupakan salah satu langkah dalam upaya mewujudkan visi tersebut.

Pro Chancellor Dr. Abraham juga menegaskan, UNIDA berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu pendidikan tinggi dan menciptakan lulusan unggul yang siap bersaing di kancah internasional sekaligus perwujudan Pancadharma Perguruan Tinggi.

Di AS, delegasi UNIDA mengunjungi beberapa kampus terkemuka dan menghadiri berbagai pertemuan untuk menjajaki kolaborasi potensial. Misalnya dalam program pendidikan, penelitian bersama, pertukaran pelajar, guest lecturer hingga publikasi ilmiah dan studi banding untuk mewujudkan visi-misi UNIDA.

Pihak UNIDA juga melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Hofstra University, New York, dan Neumann University, Pennsylvania. Penjajakan kerja sama lainnya juga dilakukan diantaranya dengan University of California, University of the District of Columbia, dan Monroe College.

Hasil dari kunjungan dan pertemuan ini selanjutnya akan ditindaklanjuti langsung dengan penandatangan MoA dan IA yang kemudian dilaksanakan melalui berbagai bentuk kegiatan untuk memperkuat kolaborasi secara lebih konkret.

Melalui berbagai kerja sama yang dibangun, diharapkan dapat memperkuat hubungan dengan berbagai lembaga di AS dan menjalin kemitraan yang bermanfaat bagi seluruh pihak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kunjungi Harvard University

Dalam rangkaian kegiatan di AS ini, delegasi UNIDA mengunjungi Harvard University sebagai salah satu institusi pendidikan terbaik di dunia.

Terkait kunjungan ini,  Pro Chancellor Dr. Abraham, mengatakan, Harvard University dikenal sebagai lembaga pendidikan tinggi yang tidak hanya berfokus pada prestasi akademik. Tetapi juga membentuk pemimpin-pemimpin masa depan yang berkompeten dan berkualitas.

Senada yang disampaikan Pro Chancellor, Rektor UNIDA Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D menuturkan, dalam upaya untuk mencapai Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) Unggul serta mewujudkan visi menjadi Universitas Riset yang Menyatu dalam Tauhid dan Diakui Dunia, UNIDA terus berkomitmen meningkatkan dan memperkuat kemitraan internasional melalui berbagai kerja sama kolaboratif dengan perguruan tinggi dan institusi di luar negeri.

“Kerja sama ini menjadi penting mengingat untuk mencapai visi kita, diakui dunia, sudah seharusnya selalu diupayakan penguatan kemitraan internasional secara terus menerus. Tentu upaya kolaboratif ini diharapkan dapat berdampak baik dan memberikan kebermanfaatan bagi seluruh pihak yang terlibat,” ujar Prof. Mohamad Ali.

3 dari 3 halaman

Landasan Kokoh

Dia menambahkan, dengan semangat kolaborasi yang tinggi, diharapkan kerja sama yang dibangun dapat menjadi landasan kokoh untuk mengembangkan program-program pendidikan dan penelitian ke depan.

"Mudah-mudahan pertemuan dengan beberapa universitas di Amerika Serikat ini, akan membuka kerja sama antara UNIDA dengan universitas terkemuka di dunia lainnya, sehingga beberapa program akademik dapat dilaksanakan dan memberikan manfaat bagi kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia, dan di UNIDA khususnya," ungkapnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.