Sukses

Profil dan Perjalanan Umay Shahab, Artis Cilik Sukses Jadi Sutradara

Namanya semakin dikenal ketika ia ikut serta dalam serial televisi Eneng dan Ajaib Socks yang tayang pada tahun 2007 lalu

Liputan6.com, Jakarta - Muhammad Arfiza Shahab alias Umay Shahab merupakan pria kelahiran Jakarta pada 16 Februari 2001. Ia merupakan anak dari Said Hanafi dan Yahni Dahmayanti. Umay mempunyai adik laki-laki bernama Raffi Shahab.

Dirangkum dari berbagai sumber, Umay Shahab memulai karir pada usia 5 tahun, ia berperan dalam sinetron berjudul Wulan pada tahun 2006. Seiring berjalannya waktu, bakat Umay semakin meningkat.

Namanya semakin dikenal ketika ia ikut serta dalam serial televisi Eneng dan Ajaib Socks yang tayang pada tahun 2007. Setelah itu, banyak kesuksesan yang diraih Umay.

Dia telah ditawari banyak peran di banyak judul televisi berbeda. Sinetron yang dibintanginya antara lain Cahaya, Upik Abu dan Laura, Cerita Anak Langitan, Mamat Anak Metropolitan, Abay Anak Ajaib.

Umay juga sempat beberapa kali berperan sebagai bintang iklan merek lokal Indonesia. Pada tahun 2010, di usianya yang ke-9 tahun, Umay mulai terjun ke dunia tarik suara dengan merilis album bertajuk Umay.

Hal ini didasarkan pada lagu SKJ dari albumnya. Album tersebut sukses terjual 250.000 kopi dan juga meraih penghargaan triple platinum.

Album bertajuk Umay ini juga mendapat Anugerah Musik Indonesia untuk kategori Album Lagu Anak Terbaik tahun 2011. Pada tahun 2011, Umay merilis album keduanya bertajuk Pesta Sekolah.

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sutradara Film

Pada tahun 2011 dan 2012, Umay kembali mendapatkan Anugerah Musik Indonesia untuk kategori Artis Solo Pria Terbaik. Umay kemudian menggubah lagu berjudul “Sudahlah”.

Lewat single bertajuk Sudahlah, Umay menceritakan salah satu pengalaman romantisnya. Lagu tersebut berkisah tentang penantian kekasih yang tak kunjung hadir.

Kita juga tahu bahwa perilisan single tersebut juga merupakan ungkapan rasa syukur yang mendalam atas karirnya yang semakin berkembang. Memulai karirnya pada usia 5 tahun, Umay telah meraih kesuksesan di industri musik.

Berpartisipasi dalam sejumlah serial televisi, film, dan berakting di sejumlah iklan. Setelah berhasil dalam dunia akting dan tarik suara,umay berbalik menjadi sutradara muda.

Cinta Di Balik Awan merupakan film pendek yang disutradarai oleh Umay Shahab. Saat itu usianya masih 15 tahun. Umay menyutradarai dan menulis naskah web series Menggapai Awan.

Selain menyutradarai film, Umay juga menyutradarai beberapa web series seperti Hari Ini Kenapa, Naira? , Cinta Dua Masa, dan lainnya. Setelah itu, Umay Jali membuat film layar lebar pertamanya yang berjudul Kukira Kau Rumah.

Terbaru, Umay Shahab menjadi sutradara film Ketika Berhenti Disini yang dibintangi Prilly Latuconsina, Bryan Domani dan Refal Hady.

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.