Sukses

5 Oleh-Oleh Legendaris Khas Yogyakarta, Jangan Sampai Nggak Dibawa Pulang

Oleh-oleh makanan khas Yogyakarta selain enak rasanya juga bisa tahan lama.

Liputan6.com, Jakarta - Yogyakarta daerah yang banyak diincar para wisatawan domestik hingga mancanegara, karena memiliki destinasi wisata alam, sejarah, budaya hingga kulinernya yang mengugah selera.

Apabila Anda sedang berwisata ke Yogyakarta, tidak lengkap rasanya jika hanya mengabadikan momen di tempat-tempat yang ikonik tanpa mencicipi dan memborong oleh-oleh untuk orang tersayang di rumah.

Oleh-oleh makanan khas Yogyakarta selain enak rasanya juga bisa tahan lama, dan harganyapun juga terjangkau. Cocok di kantong wisatawan yang membutuhkan banyak oleh-oleh enak yang mengugah selera.

Berikut oleh-oleh makanan khas Yogyakarta yang Liputan6.com dari berbagai sumber untuk Anda.

1. Bakpia

Bakpia merupakan kuliner khas Yogyakarta yang legendaris dan banyak diburu wisatawan di kota yang mendapat julukan Daerah Istimewa itu. Awalnya bakpia adalah kuliner yang berisikan daging, namun sekarang sudah dimodifikasi dengan isian yang lain seperti dengan isian kacang hijau.

Bakpia ini juga ada yang basah dan kering, jika Anda butuh oleh-oleh yang tahan lama, maka pilihkan bakpia yang kering. Di kota ini Anda tidak hanya dapat menikmati rasanya saja, tetapi juga dapat melihat secara langsung proses pembutan kuliner tersebut.

2. Yangko

Yangko merupakan kuliner khas Yogyakarta yang terbuat dari tepung beras ketan. Kue yangko ini sering disebut masyarakat dengan mochi ala Yogyakarta karena bahan dan testurnya yang mirip.

Kue ini memiliki citra rasa manis dan kenyal, sehingga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke kota Yogyakarta. Kue ini memiliki beragam varian rasa, mulai dari melon, stroberi, hingga durian.

 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Gudeg Kaleng

Gudeg merupakan olahan makanan berbahan dasar nangka muda, yang dalam proses pembuatanya direbus dengan santan serta rempah-rempah untuk penyedap rasa.

Gudeg dengan rasanya yang lezat selalu menjadi incaran wisatawan saat berkunjung ke daerah tersebut dan hampir bisa ditemukan diseluruh sisi Yogyakarta.

Belakangan ini, masyarakat berinovasi menjual gudeg ke dalam kemasan kaleng sehingga sangat cocok dan praktis untuk dijadikan oleh-oleh bagi sanak saudara di rumah.

4. Peyek Tumpuk

Sesuai namanya, peyek tumpuk memiliki bentuk yang bertumpuk-tumpuk tidak teratur mirip bongkahan dan merupakan camilan khas daerah Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Peyek ini berbahan utama tepung beras dan kacang tanah yang digoreng hingga kering.

Peyek tumpuk tidak berbentuk seperti peyek pada umumnya, akan tetapi memiliki bentuk yang lebih tebal. Kendati demikian, Anda tidak perlu khawatir akan rasanya, peyek ini tetap gurih, renyah dan tidak keras sama sekali. 5. Cokelat Monggo 

Oleh-oleh yang satu ini sangat sayang untuk Anda lewatkan terutama bagi pecinta cemilan manis. Cokelat Monggo adalah coklat asli dari Yogyakarta. Cokelat monggo ini dikenal dengan kemasannya yang cukup unik dan elegan.

Kemasan cokelat monggo dikemas secara apik menggunakan kertas daur ulang dan kertas yang telah bersertifikat FSC dengan menampilkan ciri khas kota Yogyakarta yang kental akan nilai-nilai tradisi dan budayanya.

Soal rasa tidak perlu diragukan lagi, Anda bisa menemukan varian rasanya mulai dari caramello, white chocolate, macademia, marzipan, sampai ada yang dicampur red chili, mangga, dan durian. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.