Sukses

Bulan Inklusi Keuangan 2023, JALIN Perluas Literasi Keuangan Hingga ke Wilayah Pesisir

Literasi keuangan menjadi kunci penting untuk mendukung inklusi keuangan secara nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka merayakan Bulan Inklusi Keuangan 2023, PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin), bagian dari Holding Danareksa, memperluas literasi keuangan hingga ke wilayah pesisir.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menetapkan target peningkatan literasi keuangan hingga melebihi 50% pada akhir tahun 2023.

Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2022 yang diselenggarakan oleh OJK menunjukkan peningkatan signifikan dari angka indeks literasi keuangan nasional sebesar 49,68 persen, dibandingkan dengan tahun 2019 yang sebelumnya mencapai 38,03 persen.

Dukungan Jalin terhadap literasi keuangan dilakukan dengan sosialisasi mengenai dasar-dasar layanan perbankan kepada masyarakat di Pesisir Pantai Bahagia, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada Kamis (19/10/2023). Acara ini juga menjadi bagian penting dari perayaan Bulan Inklusi Keuangan 2023 yang berlangsung sepanjang bulan Oktober.

Direktur Utama Jalin, Ario Tejo Bayu Aji menyampaikan apresiasi OJK dalam prioritas literasi keuangan tahun 2023 yang menyasar pelajar/santri, UMKM, penyandang disabilitas, dan masyarakat daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal).

"Sebagai perusahaan sistem pembayaran terdepan, literasi keuangan menjadi kunci penting untuk mendukung inklusi keuangan secara nasional," jelasnya.

Terkait acara ini, Jalin menjalin kerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk menyediakan pelayanan kesehatan gratis, bantuan sembako, dan obat-obatan kepada masyarakat di Pesisir Pantai Bahagia. Kolaborasi ini juga menandai awal rangkaian perayaan HUT ke-7 Jalin yang jatuh pada 03 November 2023 mendatang.

Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan mengatakan pendistribusian bantuan serta pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat merupakan bagian dari program BAZNAS untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, terutama keluarga rentan.

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.