Sukses

Edy Rahmayadi Kenang Sosok Syamsul Arifin Semasa Hidup, Sederhana Hingga Gemar Menolong

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) ke-15 Syamsul Arifin meninggal dunia pada Rabu, 18 Okober 2023 di Jakarta. Duka mendalam turut dirasakan Edy Rahmayadi beserta keluarga. Sosok Syamsul Arifin, adalah seorang abang dan sahabat bagi Gubernur Sumut ke-18 itu.

Liputan6.com, Medan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) ke-15 Syamsul Arifin meninggal dunia pada Rabu, 18 Okober 2023 di Jakarta. Duka mendalam turut dirasakan Edy Rahmayadi beserta keluarga. Sosok Syamsul Arifin, adalah seorang abang dan sahabat bagi Gubernur Sumut ke-18 itu.

Edy yang tengah berada di Pekanbaru langsung kembali ke Medan, kemudian berangkat ke Pangkalan Brandan, Kabupaten Langkat untuk mengikuti prosesi fardhu kifayah di Masjid Raya Pangkalan Brandan.

Kedekatan antara Edy dan Syamsul Arifin membuat mantan Pangkostrad itu mengantarkan abang yang juga sahabatnya itu hingga ke pemakaman, tepatnya di TPU Gebang, Brandan Kabupaten Langkat.

"Almarhum sahabat yang sudah cukup lama saya kenal. Saya beserta istri selalu menyapanya dengan panggilan Abang," kata Edy Rahmayadi, mengenang.

"Kakak, kalau ada apa-apa kabari kami," ujar Edy Rahmayadi dan Nawal Lubis kepada Fatimah Habibie yang merupakan istri almarhum.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ajak Masyarakat Mendoakan

Kepada masyarakat Sumut, Edy Rahmayadi berpesan untuk mendoakan almarhum yang akrab disapa Dato tersebut, agar segala amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT dan dalam keadaan husnul khatimah.

"Manusia tidak terlepas dari segala dosa. Tetapi Dato’ Seri Syamsul Arifin pernah menjadi imamnya rakyat Sumut, sehingga kebaikannya patut kita kenang," papar Edy Rahmayadi.

Edy Rahmayadi pun terhanyut dalam kenangan. Diungkapkannya, sosok Dato’ Syamsul Arifin adalah tokoh yang bisa tampil dalam berbagai peran.

"Menghadapi berbagai orang dalam berbagai situasi dengan ciri khasnya yang sederhana, ramah, humoris, dan gemar menolong," ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Kenang Momen Terakhir Bertemu

Edy Rahmayadi juga mengenang momen terakhir kali bertatap muka dengan almarhum. Momen itu ketika dirinya menghadiri undangan Silaturrahmi Ulama, Rektor UNIVA dan Pengurus Al Jam’iyatul Washliyah Sumut pada 4 September 2023, di Kantor DPW Al Washliyah.

Diketahui, Syamsul Arifin meninggal dunia di Jakarta Selasa, 17 Oktober 2023, sekira pukul 12.45 WIB. Jenazahnya tiba di rumah duka Jalan STM/Suka Darma pukul 23.00 WIB.

Ribuan pelayat bertakziah di rumah duka termasuk para ulama, tokoh masyarakat lainnya. Momen seruoanjuga terlihat saat jenazah disemayamkan di rumah duka Pangkalan Brandan. Ribuan pelayat hadir hingga ke pemakaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini