Sukses

2 Kelompok Massa Bentrok di Magelang, Sejumlah Sepeda Motor Dibakar

Bentrok massa pecah di Muntilan, Magelang, Minggu (15/10/2023) sore hingga malam ini.

Liputan6.com, Yogyakarta - Bentrok massa pecah di Muntilan, Magelang, Minggu (15/10/2023) sore hingga malam ini. Diduga bentrok melibatkan dua sekelompok orang dari GPK (Gerakan Pemuda Kabah) dan massa PDI-Perjuangan.

Salah satu area yang terdampak kerusuhan yakni berada di Jalan Pemuda, Magelang. Massa PDI-P sebelumnya mengikuti acara Banteng #3 Metu Kandang sebagai dukungan terhadap Ganjar Pranowo di Lapangan Soepardi, Mungkid, Magelang.

Saat perjalanan, ternyata bertemu dengan massa yang diduga dari Gerakan Pemuda Kabah (GPK) yang sebenarnya secara struktur adalah organisasi sayap Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang secara nasional juga mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Kedua kelompok itu saat bertemu akhirnya pecah kerusuhan.

Belum diketahui secara pasti penyebab bentrok tersebut. Video kerusuhan salah satunya diunggah akun IG @magelang_raya dan @magelang_info.

Dari tayangan terlihat ratusan orang bertindak beringas dan saling serang. Mereka saling lempar batu hingga menggunakan benda seperti bambu untuk menyerang lawannya. Suara bising kenalpot motor juga mendominasi suara pada video tersebut.

Sementara beberapa aparat kepolisian dan TNI yang berusaha menenangkan massa tidak bisa berbuat banyak.

Akibat bentrok di Magelang ini, tampak puluhan motor dirusak. Bahkan ada juga beberapa motor yang akhirnya dibakar sampai menimbulkan asap tebal.

Dari potongan video lain juga terlihat salah satu massa merusak mobil bak terbuka yang berhenti di tengah jalan.

Beberapa mobil besar hingga bus memilih untuk berhenti dan menghindari area tersebut. Sementara yang lain tampak berputar dari titik kerusuhan itu. Beberapa titik lokasi sempat mengalami kemacetan akibat peristiwa tersebut. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini