Sukses

Program BASS, Jurus BKKBN Menekan Jumlah Bocah Tengkes di Sulut

Dia mengatakan, pemberian bantuan BAAS ini sejalan dengan arahan Presiden RI untuk mengurangi permasalahan stunting di Indonesia yang tertuang dalam Perpres Nomor 72 tahun 2021.

Liputan6.com, Manado - Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulut melakukan intervensi program Bapak/Bunda Asuh Anak Stunting (BAAS) untuk menekan angka stunting di Sulut.

"Kami terus melakukan safari ke kabupaten dan kota di Sulut melakukan percepatan penurunan stunting, salah satunya melalui program BAAS," kata Kepala Perwakilan BKKBN Sulut, Diano T Tandaju saat memberikan bantuan BAAS di Desa Warembungan, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa, Jumat (13/10/2023).

Dia mengatakan, pemberian bantuan BAAS ini sejalan dengan arahan Presiden RI untuk mengurangi permasalahan stunting di Indonesia yang tertuang dalam Perpres Nomor 72 tahun 2021.

Perpres ini kemudian ditindaklanjuti BKKBN melaluinya Perka BKKBN Nomor 12 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Stunting (RAN PASTI).

"Perwakilan BKKBN Provinsi Sulut terus melalukan berbagai kegiatan sebagai upaya percepatan penurunan stunting di daerah ini," ujarnya.

Program BKKBN ini sebagai sebuah gerakan gotong royong oleh seluruh elemen bangsa dalam percepatan penurunan stunting dengan menyasar langsung keluarga-keluarga yang beresiko.

"Selain mengajak pemerintah daerah, swasta, masyarakat juga diajak untuk ikut membantu pada program ini," ujarnya.

Di internal Perwakilan BKKBN Sulut, sejak awal tahun 2023 bergotong-royong membantu keluarga-keluarga stunting dengan menyisihkan gaji.

 "Ini kesepakatan bersama seluruh pegawai untuk kemudian disumbangkan kepada keluarga yang beresiko stunting dan anak anak stunting di Provinsi Sulut," katanya.

Di Desa Warembungan, Perwakilan BKKBN Sulut menyerahkan bantuan BAAS kepada tiga anak stunting yaitu Galinea Matheos dan Galienka Matheos (kembar) dan Kinanti Sarendeng.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.