Sukses

Mengenang Peristiwa G30S PKI, Simak Jadwal Tayang Filmnya di TV

Peristiwa G30S/PKI merupakan peristiwa yang termasuk ke dalam sejarah di Indonesia. Peristiwa ini bahkan digambarkan dalam sebuah film yang kerap tayang pada tanggal 30 September.

Liputan6.com, Bandung - Memasuki akhir September 2023, isu terkait Partai Komunis Indonesia (PKI) selalu muncul di kalangan masyarakat. Hal tersebut tidak lepas dari peristiwa besar yang termasuk sejarah pilu di Indonesia.

Sebanyak enam jenderal dan satu perwira pertama tewas dalam satu malam di akhir September dan awal Oktober 1965. Peristiwa itu dikenang masyarakat dengan sebutan peristiwa Gerakan 30 September (G30S).

Peristiwa G30S adalah gerakan yang didalangi oleh PKI. Mereka dengan keji menculik dan membunuh sejumlah jenderal TNI AD untuk mengkudeta negara.

Untuk terus mengingat sejarah tersebut, dibuat sebuah film berjudul "Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI". Film yang dirilis pada 1984 ini dibuat oleh sutradara Arifin C. Noer.

Film tersebut sering ditayangkan di televisi nasional pada 30 September setiap tahunnya. Pada tahun ini, film G30S/PKI tayang di iNews pada Sabtu, 30 September 2023 pada pukul 18.00 WIB dan di tvOne pada pukul 20.00 WIB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sinopsis Film

Film G30S/PKI menceritakan tentang pemberontakan yang dilakukan oleh PKI dengan membunuh tujuh jenderal yang masih menjabat di masa pemerintahan presiden Soekarno. Pada awal film menampilkan bagaimana kejamnya PKI dalam membantai sekumpulan warga desa yang tengah beribadah di masjid pada pagi hari.

Adapun pada hari eksekusi Cakrabirawa mengepung rumah Brigjen D.I Pandjaitan dan memintanya untuk segera menghadap presiden. Tanpa ragu ia langsung bersiap dan meminta waktu untuk berdoa sebelum pergi.

Namun karena tidak sabar pasukan tersebut justru menembak beliau dan langsung memindahkannya ke truk. Insiden keji tersebut dilihat oleh keluarga dari Brigjen D.I. Pandjaitan.

Pasukan tersebut mengulangi kejadian yang sama kepada jenderal yang lainnya dan menembak mereka di tempat. Kecuali Jenderal Nasution yang berhasil kabur namun anak perempuan dan bawahannya tertembak sekaligus dan menjadi korban.

Para korban-korban jenderal tersebut langsung dibawa dan di tumpuk di dalam sumur bahkan disiksa berkali-kali dengan ditembaki, diuruk dengan pasir, hingga ditanami pohon pisang. Film ini menampilkan bagaimana aksi keji yang terjadi pada peristiwa G30S/PKI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini