Sukses

Lanjutkan Perjuangan Edy Rahmayadi, Hassanudin Resmikan Pembangunan Stadion Utama PON 2024

Setelah melalui proses yang sangat panjang, pembangunan Stadion Utama Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 tahun 2024 di kawasan Sport Center Sumut di Desa Sena, Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) akhirnya resmi dimulai.

Liputan6.com, Medan Setelah melalui proses yang sangat panjang, pembangunan Stadion Utama Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 tahun 2024 di kawasan Sport Center Sumut di Desa Sena, Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) akhirnya resmi dimulai.

Dimulainya pembangunan stadion utama yang sudah direncanakan sejak tahun 2019 oleh Gubernur Sumut ke-18, Edy Rahmayadi tersebut ditandai dengan penandatanganan kontrak pembangunan proyek tersebut oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Hassanudin, dengan nilai kontrak sebesar Rp 587 miliar.

Hassanudin berharap pelaksana proyek agar menyelesaikan pembangunan stadion utama tersebut tepat waktu. Atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan masyarakat Sumut, Hassanudin menyambut baik hal ini.

"Tentunya pembangunan ini sudah ditunggu-tunggu, diharapkan selesai tepat waktunya," kata Hassanudin usai penandatanganan kontrak pembangunan stadion utama PON 2024 Sumut di Ballroom Hotel Santika Premiere Dyandra, Jalan Kapten Maulana Lubis, Medan, Rabu, 20 September 2023.

Penandatanganan kotrak dilakukan antara pengguna jasa Satuan Kerja (Satker) Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah (PPPW) II Sumut dengan penyedia jasa konstruksi Adhi Karya, PT Pembangunan Perumahan (PP), Penta, juga dengan penyedia jasa manajemen konstruksi PT Jaya Construction Manajemen (JCM)dan PT Ciriajasa KSO.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sudah On The Track

Hassanudin juga menegaskan, persiapan PON XXI 2024 secara keseluruhan sudah berjalan on the track, sehingga tinggal menyelesaikan apa yang sudah dimulai oleh Gubernur sebelumnya, Edy Rahmayadi, yang sejak awal sudah mempersiapkan event olahraga berskala nasional ini dengan sangat baik.

"Saya lihat sudah on the track dari segi pendanaan APBD maupun APBN. Harapan kita semua berjalan sesuai rencana, agar pelaksanaan nanti sukses," ujarnya.

Sebagaimana mimpi yang pernah diutarakan sebelumnya oleh Edy Rahmayadi, Hassanudin juga berharap agar kelak stadion utama yang nantinya akan dinamai Stadion Marah Halim Harahap ini dapat menjadi salah satu ikon kebanggaan Sumut.

"Kita akan terus mengawal pembangunan stadion berkapasitas 25.000 penonton ini agar berjalan lancar dan sesuai target yang ditentukan," sebutnya.

3 dari 3 halaman

Optimis Berjalan Sukses

Bagi Hassanudin, momentum penandatanganan kontrak tersebut menambah optimisme kesuksesan PON 2024. Dia meminta setiap pihak yang terlibat untuk bersinergi dan menjalankan tanggung jawab dengan sebaiknya.

Persiapan Pemprov Sumut untuk menyukseskan PON XXI 2024 melalui pembangunan Sport Center Sumut pada awalnya digagas oleh Edy Rahmayadi di tahun 2019. Namun, pembangunan sempat terhambat akibat pandemi Covid-19 melanda tahun 2020 hingga 2022, kemudian dilanjutkan dengan proses pembebasan lahan yang akhirnya berhasil diselesaikan dengan baik oleh Edy Rahmayadi.

Hingga akhirnya, pembangunan Sport Center Sumut mulai dilakukan dengan dibangunnya venue Stadion Madya Atletik dan Martial Arts Arena yang diresmikan oleh Edy Rahmayadi, pada Jumat, 31 Maret 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini