Sukses

Purwakarta Dorong Destinasi Wisata Jadi Tempat yang Dirindukan Wisatawan

Disporaparbud Kabupaten Purwakarta, saat ini tengah mendorong supaya lokasi wisata jadi tempat nyaman bagi pengunjungnya.

Liputan6.com, Purwakarta - Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta, sejauh ini terus berjibaku guna mendorong perkembangan sektor pariwisata di wilayah ini. Apalagi, pemerintah daerah setempat menargetkan kabupaten ini bisa menjadi salah satu market pariwisata terbesar di Jawa Barat.

Menurut Kepala Bidang Pariwisata, Disporaparbud Kabupaten Purwakarta, Dodi Samsul Bahri, sektor pariwisata bisa menjadi salah satu andalan untuk mendongkrak perekonomian masyarakat. Untuk itu, upaya-upaya strategis harus terus dilakukan oleh jajarannya guna mendorong perkembangan sektor pariwisata tersebut.

"Penataan sektor pariwisata, memang jadi agenda prioritas kami," ujar Dodi kepada Liputan6.com, Kamis (21/9/2023).

Dodi berpendapat, sebenarnya sektor pariwisata itu jauh lebih menguntungkan jika dikelola dengan maksimal. Untuk itu, berbagai upaya harus terus dilakukan jajarannya. Misalnya, dengan mengintensifkan komunikasi yang di antaranya dengan seluruh pengelola pariwisata untuk menguatkan persepsi mengenai pengembangan pariwisata tersebut

Namun, ada hal yang jauh lebih penting dalam upaya pengembangan sektor pariwisata ini. Yakni, dibutuhkan kerja sama lintas sektoral. Artinya, perlu banyak pihak yang terlibat, termasuk dari masyarakat itu sendiri.

Selain membangun komunikasi dengan berbagai pihak, lanjut dia, pihaknya juga terus mendorong supaya tempat-tempat wisata di Kabupaten Purwakarta itu menjadi lokasi yang ngangenin dan bikin nyaman bagi pengunjung. Sehingga, para pengunjung bisa betah dan selalu ingin berlama-lama saat berkunjung ke wisata daerah ini.

Untuk saat ini, kata Dodi, sebenarnya capaian di sektor pariwisata yang ada di wilayannya ini trennya sudah sangat positif. Indikatornya bisa dilihat dari data kunjungannya yang terus naik. Meskipun, kebanyakan wisatawan ini hanya berkunjung satu hari (One day trip).

"Kedepan, kami akan terus berupaya untuk menambah lama kunjung ke Purwakarta. Jadi nanti bukan lagi one day trip, tapi bisa dua hari (two day) bahkan lebih. Intinya, kami akan terus mendorong supaya para wisatawan bisa berlama-lama saat berwisata ke Purwakarta," tegas dia.

Terkait dukungan dari masyarakat, sambung dia, sejauh ini pihaknya telah menggandeng Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ada di wilayah itu. Ada sejumlah Pokdarwis yang selama ini terlibat dalam pengembangan pariwisata yang ada di Purwakarta.

"Selama ini, kami turut terbantu dengan adanya Pokdarwis ini. Terutama dari sisi promosi dan edukasi pariwisata kepada masyarakat," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.