Sukses

Sensasi Menyantap Kuliner Empal Gentong Cirebon di Dalam Gentong Mini

Empal Gentong kian populer, karena cita rasa gurih berpadu rasa dengan daging yang empuk sehingga menciptakan sensasi berbeda di lidah.

Liputan6.com, Cirebon Empal Gentong menjadi salah satu kuliner populer yang banyak dicari pengunjung setiap datang ke Cirebon. Kuliner ini cukup banyak dan mudah ditemukan di beberapa titik wilayah Cirebon.

Empal Gentong Cirebon sendiri adalah makanan berbahan dasar daging sapi yang dimasak seperti gulai. Makanan ini kian populer, karena cita rasa gurih berpadu rasa dengan daging yang empuk sehingga menciptakan sensasi berbeda di lidah.

Kendati demikian, belum banyak yang tahu, beberapa pelopor Empal Gentong hingga menjadi identitas asli kuliner Cirebon. Salah satunya adalah Empal Gentong H. Irwan yang berada di Jalan Jenderal Sudirman depan kantor Jasa Marga Cirebon.

Berbekal pengalamannya menikmati berbagai macam kuliner ia kini menekuni sekaligus melestarikan Empal Gentong dengan caranya sendiri. Rumah Makan Empal Gentong Cirebon H. Irwan sudah memiliki 13 cabang yang tersebar di sepanjang rest area ruas jalan tol mulai dari Tol Cipali hingga jalan tol Semarang-Batang Jawa Tengah.

"Sebelum buka cabang Empal Gentong di Jalan Jenderal Sudirman (Ciperna) saya awalnya buka di rest area. Di rest area sepanjang jalan tol Cipali sampai jalan tol Semarang - Batang," katanya owner Empal Gentong Cirebon H. Irwan yakni Irwan Kuswandi, Minggu (17/09/2023).

Dalam melayani penikmat kuliner tradisional, Irwan menyediakan beragam menu seperti empal gentong, empal asem, tahu gejrot hingga santai maranggi. Selain itu ada juga menu makanan Sunda seperti, ayam goreng, burung marlon, pepes, sambal dadak, dan lainnya.

Empal Gentong H. Irwan memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri karena empal gentong hangat disajikan langsung dalam gentong mini. Sehingga menambah nilai estetika budaya daerah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengalaman Kuliner

Irwan menjelaskan, Empal Gentong disajikan di dalam gentong mini yang terbuat dari tanah liat. Penyajian ini akan mempertahankan cita rasa dan menjaga kehangatan dari Empal Gentong itu sendiri

"Di RM Empal Gentong Cirebon H. Irwan kami menyajikan menu makanan yang pasti halal dan pas di lidah dengan harga mulai dari Rp 25.000. Jam operasional kami dari hari Senin sampai Minggu pukul 07.00 - 22.00 WIB," imbuhnya.

Empal Gentong H. Irwan juga menyediakan ragam olahan sambal untuk pelengkap bagi penyuka makanan bercita rasa pedas. Seperti sambal cabai merah tumbuk, sambal hijau hingga aneka kerupuk yang bisa menjadi pilihan pelengkap," tuturnya.

Ia mengaku, RM Empal Gentong H. Irwan merupakan realisasi dari pengalaman pribadi menikmati beragam kuliner di berbagai daerah termasuk Cirebon. Kemudian diamati, dipelajari dan dimodifikasi dengan mengedepankan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

"Pada dasarnya saya memang suka kuliner. Dimana ada rumah makan baru buka saya pasti coba. Saya juga lihat bagaimana cara penyajiannya, bagaimana pelayanannya. Metode ini dimodifikasi lalu diaplikasikan ke RM H. Irwan. Untuk resep saya belajar sendiri dari pengalaman. Dan Empal Gentong H. Irwan ini sudah didaftarkan di Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)," katanya.

Empal Gentong H. Irwan memberikan pengalaman dalam menikmati kuliner khas Cirebon dengan cara berbeda. Pengunjung dari Cirebon dan sekitarnya bisa dengan mudah menemukan RM Empal Gentong Cirebon H. Irwan karena berada di lokasi strategis yang menjadi jalan lintas dari Cirebon ke Kuningan maupun sebaliknya.

"Untuk pengunjung dari luar kota pun tak akan kesulitan menemukan RM Empal Gentong H. Irwan karena dari ruas jalan tol Palimanan-Kanci (Palikanci) hanya keluar dari pintu tol Ciperna sudah bisa langsung menuju Empal Gentong H. Irwan," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini