Sukses

'Dear Jinri', Film Dokumenter Wawancara Mendiang Sulli Akan Tayang di BIFF

Selain 'Dear Jinri', BIFF juga akan memutarkan mahakarya dari aktor Yoon Jung Hee yang meninggal tahun ini untuk menghormatinya.

Liputan6.com, Yogyakarta - Busan International Film Festival (BIFF) ke-28 akan menayangkan film Dear Jinri pada 4 sampai 13 Oktober 2023. Film ini akan merilis wawancara terakhir mendiang Sulli yang telah berlangsung empat tahun lalu.

Beberapa sumber menyebut, pengumuman penayangan film ini telah disampaikan dalam konferensi pers untuk acara tersebut, Selasa (5/9/2023). Wide Angle Documentary Showcase mencantumkan film tersebut di antara daftar film mereka.

Sebelumnya, film ini akan ditayangkan di Netflix pada 16 Juni 2023 dengan judul Persona: Sulli. Film ini telah dibuat pada 2019 sebelum Sulli meninggal dunia.

Namun, pada Oktober 2019, Sulli mengakhiri hidupnya dan meninggalkan sebuah karya yang belum pernah dirilis. Berita tentang perilisan film ini di Netflix pertama kali tersiar di luar negeri pada Mei 2023.

Namun, hingga kini film tersebut belum juga tayang di Netflix. Meski demikian, akhirnya film ini akan ditampilkan ke publik pada Oktober mendatang di BIFF dengan judul berbeda. Dear Jinri merupakan film dokumenter omnibus yang sebelumnya juga dibintangi oleh teman dekat Sulli, IU.

Selain Dear Jinri, BIFF juga akan memutarkan mahakarya dari aktor Yoon Jung Hee yang meninggal tahun ini untuk menghormatinya. Karya seperti The Fog (1967) dan Poetry (2010) akan diputar dalam festival tersebut.

Sebagai informasi, Jinri merupakan nama asli mendiang Sulli (Choi Jinri). Ia merupakan member girl grup Kpop f(x) yang berada di bawah agensi SM Entertainment.

Pada Oktober 2019, Sulli memutuskan untuk mengakhiri hidupnya setelah menerima ujaran kebencian secara terus-menerus dari warganet. Kepergian Sulli juga menyisakan duka di dunia K-pop.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini