Sukses

Kampung Kahuripan Cirangkong, Wisata Edukasi di Purwakarta Ramah Anak

Kawasan pariwisata yang dibangun pihak swasta itu menggabungkan konsep tradisionalisme masyarakat sunda dan pendidikan alam.

Liputan6.com, Purwakarta Destinasi wisata di Kabupaten Purwakarta Jawa Barat ternyata cukup bervariasi. Selain menjual panorama alam dan wahana air, di wilayah ini juga terdapat beberapa objek wisata berbasis edukasi dan entertainment.

Sebut saja salah satunya, wisata Kampung Kahuripan Cirangkong. Tempat wisata di Purwakarta yang satu ini, berlatar kearifan lokal.

Lokasinya ada di Kampung Cirangkong, Kecamatan Cibatu. Adapun wisata Kampung Kahuripan Cirangkong ini dibangun pihak swasta itu menggabungkan konsep tradisi masyarakat sunda dan pendidikan alam.

Pengelola Kampung Kahuripan Cirangkong, Anis Kusmiati menuturkan, objek wisata ini resmi dibuka pada 2017 lalu. Pihaknya bersyukur, karena Kampung Wisata Cirangkong menjadi satu tempat wisata terpopuler di Kabupaten Purwakarta.

Pengunjungnya, kata dia, bukan hanya dari masyarakat lokal tapi juga skala nasional maupun internasional.

"Objek wisata kami, lebih mengedepankan unsur edukasi," ujar Anis, Jumat (1/9/2023).

Anis menjelaskan, Kampung Kahuripan Cirangkong menyediakan wadah anak untuk bermain di alam terbuka sembari belajar. Selain itu, juga tersedia berbagai kegiatan outbond untuk meningkatkan rasa kepedulian anak terhadap alam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini