Sukses

Jalan-Jalan Sore di Taman Kota Solo, Ini 5 Taman yang Bisa Jadi Pilihan

Beberapa taman Kota Solo juga sudah dilengkapi dengan fasilitas lengkap, mulai dari area bermain, gazebo, hingga jaringan internet atau wifi.

Liputan6.com, Solo - Selain mengunjungi berbagai destinasi wisata, menghabiskan liburan di Kota Solo juga bisa dilakukan dengan berjalan-jalan santai di beberapa taman. Bukan sekadar taman biasa, taman di Kota Solo juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas lengkap yang memadai.

Kamu bisa berjalan-jalan di taman saat sore hari sambil menikmati suasana kota. Beberapa taman Kota Solo juga sudah dilengkapi dengan fasilitas lengkap, mulai dari area bermain, gazebo, hingga jaringan internet atau wifi.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut rekomendasi taman di Kota Solo yang bisa dijadikan alternatif tujuan wisata di sore hari:

1. Taman Bendungan Tirtonadi

Taman Bendungan Tirtonadi berlokasi di Jalan Popda No.9, Nusukan, Banjarsari, Kota Surakarta. Taman ini diresmikan pada 2019.

Taman Bendungan Tirtonadi memiliki jembatan yang melintas di atas sungai. Uniknya, jembatan tersebut terbuat dari kaca, baik untuk lantai maupun pembatas kanan dan kirimya. Selain jembatan, ada juga area tempat duduk sanati di pinggir sungai.

2. Taman Cerdas Soekarno-Hatta

Taman Cerdas Soekarno-Hatta berlokasi di Jalan Ki Hajar Dewantara, Jebres, Kota Surakarta. Taman ini juga dikenal dengan nama Taman Cerdas Jebres.

Lokasi taman ini berada di utara kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) atau tepat di belakang Solo Technopark. Tak hanya dilengkapi taman bermain, taman ini juga memiliki ruang serbaguna, perpustakaan, ruang IT, teater terbuka, ruang audio visual, radio anak, hingga gamelan. Taman ini sekaligus bisa menjadi sarana belajar kesenian.

3. Taman Pracima

Taman Pracima berlokasi di Jalan RA Kartini, Timuran, Banjarsari, Surakarta. Taman ini berada di kawasan Kompleks Pura Mangkunegaran.

Tak hanya sebagai tempat jalan-jalan, taman ini juga bisa dijadikan tempat mengenal kebudayaan. Pengunjung bisa berkenalan dengan kuliner, busana, keseniaan, dan segala hal yang berhubungan dengan tradisi Jawa.

Daya tarik lain taman ini adalah adanya restoran dengan menu khas Pura Mangkunegaran. Bahkan, para pengunjung juga bisa merasakan berbagai menu yang dahulu jadi hidangan raja, seperti dendeng age, brubus, dan garang asem.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Taman Sunan Jogo Kali

4. Taman Sunan Jogo Kali

Taman Sunan Jogo Kali berlokasi di Kelurahan Pucangsawit, Jebres, Surakarta. Taman ini memiliki wahana yang cukup terkenal yaitu kapal naga. Wahana tersebut akan membawa para pengunjung menyusuri Sungai Bengawan Solo selama 20-30 menit.

5. Taman Balekambang

Taman Balekambang berlokasi di Jalan Balekambang, Manahan, Kecamatan Banjarsari, Surakarta. Taman yang sudah ada sejak 1921 ini dahulu adalah taman miliki keluarga kerajaan.

Pada bagian tengah taman, pengunjung akan menemukan patung Gusti Raden Ayu Partinah dan Gusti Raden Ayu Partini. Selain itu, pengunjung juga bisa melihat beberapa hewan jinak yang dibebaskan, seperti angsa dan juga rusa. Ada juga wahana becak air yang bisa membawa pengunjung berjalan-jalan di tengah kolam yang besar.

Saat ini, Taman Balekambang masih ditutup sementara untuk direnovasi. Revitalisasi Taman Balekambang Solo ini ditargetkan rampung lebih cepat pada Oktober 2023.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.