Sukses

Instalasi Seni Raksasa 'KAWS: Holiday' Hadir di Candi Prambanan, Ini Jadwal dan Harga Tiketnya

Kehadiran KAWS Holiday Indonesia di Candi Prambanan menjadi atraksi baru bagi wisatawan.

Liputan6.com, Yogyakarta - Indonesia menjadi lokasi ke-10 yang disambangi seniman kontemporer Brian Donnelly atau yang lebih dikenal dengan nama KAWS. Pameran tur dunia bertajuk KAWS: Holiday ini hadir di Candi Prambanan, Yogyakarta.

KAWS adalah desainer dan seniman asal Amerika Serikat kelahiran Jersey City, New Jersey, pada 4 November 1974. Sebelum dikenal sebagai seniman kenamaan dunia, KAWS memulai perjalanan berkeseniannya di jalanan.
Sebelumnya, KAWS: Holiday telah keliling ke delapan kota di negara lain, mulai dari Seoul, Taipei, Hong Kong, Tokyo, Bristol, Singapura, Gunung Changbai, dan Melbourne. Pameran ini juga diluncurkan ke luar angkasa dan diterbangkan melintasi 41,5 km stratosfer.

Setelah melewati perjalanan panjang, Pameran tur KAWS: Holiday pun sampai di Candi Prambanan dan sudah bisa disaksikan sejak 19-31 Agustus 2023. Kehadiran KAWS Holiday Indonesia di Candi Prambanan menjadi atraksi baru bagi wisatawan.

Mengutip dari berbagai sumber, seni instalasi berupa patung balon raksasa itu memiliki panjang 45 meter dan tinggi 15 meter. Kesenian tersebut berbentuk boneka ikonik karya KAWS berwarna merah muda yang sedang rebahan di pelataran Candi Prambanan.

Hadirnya KAWS: Holiday di Indonesia disambut antusias para pencinta seni Tanah Air. Bahkan, sejak lebih dari dua dekade, segala hal tentang KAWS juga dicari para kolektor, termasuk merchandise-nya.

Saat pengunjung melihat kesenian tersebut, keindahan Candi Prambanan akan menjadi latar belakang yang indah. Hal ini akan menghadirkan pengalaman baru tentang melihat keindahan perpaduan arsitektur kuno dengan seni kontemporer.

Sementara itu, pameran tur dunia ke-10 ini bekerja sama dengan organizer AllRightsReserved (ARR) dan perusahaan lokal AKG Entertainment. Pameran tur dunia KAWS: Holiday sebenarnya telah dimulai sejak 2018.

Menariknya, untuk pertama kalinya dalam tur KAWS: Holiday selama enam tahun, sang seniman memperkenalkan kembali karya berjudul Accomplice tersebut di Candi Prambanan. Karya ini pertama kali muncul dalam bentuk figur vinyl yang dirilis pada 2002.

Untuk dapat melihat pameran KAWS: Holiday Indonesia, pengunjung bisa datang mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Pengunjung hanya perlu membayar tarif masuk Candi Prambanan, yakni untuk dewasa Rp50 ribu dan untuk anak-anak Rp25 ribu. Sementara untuk wisatawan mancanegara dewasa dikenakan tarif Rp375 ribu, sedangkan anak-anak sebesar Rp225 ribu.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini