Sukses

Dukungan Projo Sulawesi Tenggara untuk Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024

Projo Sulawesi Tenggara menyatakan dukungan penuh terhadap pasangan Prabowo-Gibran Rakabuming di Pilpres 2024.

Liputan6.com, Kendari - Dewan Pengurus Daerah Projo Sulawesi Tenggara menetapkan dukungan terhadap pasangan Prabowo-Gibran Rakabuming pada Pilpres 2024. DPD Projo Sultra menyepakati dukungan, Minggu (20/8/2023).

Ketua DPD Projo Sulawesi Tenggara Irvan Umar mengatakan, sebanyak 10 kabupaten dan kota memberikan dukungan terhadap Prabowo-Gibran. Tiga sisanya, memberikan dukungan terhadap Prabowo-Cak Imin, Anies-Gatot, dan Ganjar-Mahfud.

"Kami melihat potensi Prabowo-Gibran, sosok ideal memimpin bangsa di 2024 mendatang berdasarkan tantangan dan masalah bangsa ke depan," ujar Irvan Umar.

Dia mengatakan, salah satu alasannya, sebanyak 52 persen pemilih Indonesia merupakan kaum muda. Saat ini, trend pemimpin muda di dunia, menginspirasi Projo mendukung Prabowo-Gibran berpasangan pada Pilpres mendatang.

"Prabowo juga kami nilai sebagai sosok pemimpin tegas, pada Pilpres 2019 lalu, dia bisa merebut 50 persen lebih suara rakyat," ujar Irvan Umar.

Kata dia, simpatisan akar rumput masih mengakui keberadaan Prabowo sebagai sosok pemimpin. Saat ini, kinerjanya selama berada di kabinet Jokowi juga patut diberi apresiasi.

Saat ditanyakan terkait Projo yang sempat menolak keras Prabowo pada Pilpres 2019, Irvan mengatakan, pergerakan politik sebagai sesuatu yang dinamis. Pihak Projo juga mendukung Prabowo berdasarkan potensi dan kinerja yang sudah diperlihatkan selama ini. Pihak Projo berbeda dukungan pada Pilpres 2019, sebab menurut mereka, Jokowi dianggap lebih baik dibanding Prabowo.

"Kalau melihat peta politik nasional, Gerindra sudah berada dalam Koalisi Indonesia bersatu (KIB), kami melihat juga ada jumlah pemilih pemula yang cukup besar sehingga Gibran bisa tampil mewakili kaum muda," ujar Irvan Umar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sultra Memegang Posisi Strategis

Posisi Sulawesi Tenggara, saat ini dinilai strategis masuk dalam peta politik nasional. Sultra memiliki sumber daya alam pertambangan nikel yang saat ini tengah menjadi komoditas energi utama dunia. Meskipun, dari jumlah pemilih, Sultra hanya memiliki 1,8 persen suara dari total keseluruhan pemilih di Indonesia.

Melihat hal ini, Projo menyikapi dengan bijak menuju Pilpres 2024. Menurut Irvan Umar, ketegasan dan manajemen calon pemimpin, menentukan perkembangan Sulawesi Tenggara kedepannya.

Kata Irvan, sosok Prabowo mendapat apresiasi di Sulawesi Tenggara. Sebab, pada Pilpres 2019, Prabowo menang di Sultra sekitar 66 persen.

"Kami memilih Prabowo karena memang dia berlatar belakang militer, sehingga masyarakat menganggap sosok militer bisa menciptakan negara aman," ujar Irvan.

Diketahui, ada 10 kabupaten Kota DPC Projo Sultra memantapkan dukungan terhadap pasangan Prabowo-Gibran. Kesepuluhnya yakni, Kendari, Konawe, Konawe selatan, Konawe Utara, Konawe Kepulauan, Kolaka Timur, Kolaka Utara, Bombana, Muna, Muna Barat, Buton, Buton Selatan, Buton Tengah dan DPD Sultra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini