Sukses

3 Tempat Menikmati Setup Makaroni Khas Solo

Setup makaroni merupakan hasil adaptasi dari kuliner Belanda.

Liputan6.com, Solo - Solo terkenal akan beragam kuliner lezat dan sedap, sehingga tidak heran apabila kota ini selalu menjadi destinasi kala libur tiba. Makanan khas Solo juga cukup beragam mulai dari satai lilit, selad solo, aneka sup dan masih banyak lagi.

Salah satu kuliner Solo yang tidak kalah menarik adalah setup makaroni. Sekilas, makanan ini hampir serupa dengan makanan khas eropa atau luar negeri. Faktanya, setup makaroni merupakan kuliner tradisional khas Solo.

Setup makaroni adalah makanan berupa makaroni rebus yang dipadukan dengan kuah kaldu ayam dan susu. Biasanya setup makaroni sering ditambah dengan topping keju.

Kuliner khas Solo ini memiliki tekstur yang creamy dan lembut dengan cita rasa gurih dan enak. Dikutip dari berbagai sumber, setup makaroni merupakan hasil adaptasi dari kuliner Belanda.

Kata 'setup makaroni' berasal dari Bahasa Belanda 'stoof macaroni' yang artinya adalah makaroni rebus. Hidangan ini menjadi menu kesukaan para bangsawan.

Dahulu, tidak semua orang pribumi dapat membeli susu dan tepung. Terlebih harga bahan baku tepung untuk membuat pasta dan susu sapi merupakan bahan makanan yang tergolong mahal dan langka.

Di Solo, ada banyak tempat makan yang menjajakan sajian ini, mulai warung kaki lima hingga bintang lima. Namun diatara banyak tempat makan yang menjual setup makaroni, ada beberapa tempat favorit untuk mencicipi sajian ini.

Berikut tempat makan  setup makaroni Solo.

1. Setup Makaroni Warung Sabar Menanti Bu Harto

Warung Sabar Menanti Bu Harto menjadi salah satu tempat makan yang menjajakan setup makaroni. Setup makaroni ala Bu Harto cenderung memiliki kuah berwarna kuning karena menggunakan mentega dalam pembuatannya.

Kuahnya creamy dan cenderung lebih encer. Rasanya gurih dengan makaroni yang dimasak dengan baik, sehingga tidak hancur.

Seporsi sup makaroni di tempat makan ini dibanderol mulai dari Rp 12.000. Harganya yang murah meriah dengan rasa yang enak membuat setup makaroni ditempat ini diminati banyak orang.

Warung Sabar Menanti Bu Harto berada di Jalan Pandudewanata, Serengan, Solo. Tempat makan setup makaroni ini buka Senin sampai Sabtu, mulai pukul 06.00 hingga 14.00 WIB.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Setup Makaroni Selat Gajahan

Tempat makan setup makaroni yang tidak kalah populer adalah Selat Gajahan yang berada di Jalan Padmonegoro, Gajahan, Pasar Kliwon, Solo. Sajian setup makaroni ditempat ini memiliki kuah berwarna putih, karena menggunakan susu segar.

Tekstur makaroninya al dente, sehingga tidak begitu lunak. Setup makaroni ala Selat Gajahan diberi toping telur dan cukup mengeyangkan.

Selain setup makaroni, tempat makan ini juga menyajikan aneka makanan khas Solo lainnya seperti selad solo. Aneka menu ditempat ini dibanderol mulai dari Rp 15.000 per porsinya.

Selat Gajahan buka setiap hari, mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.

3. Setup Makaroni Resto Kusuma Sari

Resto Kusuma Sari menjadi tempat makan yang menyajikan menu khas Solo yang cukup legendaris. Restoran yang berlokasi di Jalan Slamet Riyadi No. 111, Serengan, Surakarta ini terkenal legendaris.

Restoran Kusuma Sari sudah berdiri sejak tahun 1970-an. Tempat makan ini menyajikan menu setup makaroni dengan cita rasa otentik.

Selain itu, setup makaroni di sini unik karena menggunakan makaroni panjang. Toppingnya berupa parutan keju dan peterseli.

Resto Kusuma Sari buka setiap hari, mulai pukul 09.00 hingga 22.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.