Sukses

Rayakan HUT ke-76 RI,  Warga Teluk Bintuni Dapatkan Layanan Kesehatan Gratis

Masyarakat Teluk Bintuni mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis mulai dari sunatan massal, donor darah, penyuluhan hingga pemeriksaan kesehatan pada perayaan HUT ke-76 RI.

Liputan6.com, Teluk Bintuni - Masyarakat di Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, mendapatkan kado spesial menjelang perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia.  Mereka mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis mulai dari sunatan massal, donor darah, penyuluhan hingga pemeriksaan kesehatan dalam kegiatan bakti sosial yang dipusatkan di Masjid Al-Munawarah Bintuni, Jalan Raya Bintuni  KM 4, Minggu (13/8/2023).

Pelayanan gratis ini merupakan rangkaian dari kegiatan menyongsong HUT ke-78 RI di Kabupaten Teluk Bintuni, sekaligus perayaan satu tahun berdirinya Klinik Bintuni Medika. Acara  ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Teluk Bintuni, Matret Kokop, dan disaksikan oleh para perwakilan organisasi masyarakat dan unsur warga lainnya.  

”Atas nama Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni, saya mengapresiasi kegiatan ini dan mendukung seluruh pihak yang yang terlibat dalam kegiatan sunatan massal ini dan kami  berharap agar kegiatan seperi ini dapat di laksanakan di Distrik-distrik dan di kampung-kampung,” ujar wakil bupati Matret Kokop.

Direktur Klinik Bintuni Medika, Dr. Willi Fragcana Putra, MMRS menjelaskan bahwa acara ini merupakan hasil kerja sama dengan UTD RSUD Teluk Bintuni. Kegiatan ini juga melibatkan berbagai organisasi profesi seperti PPNI cabang Bintuni, DPK PPNI RSUD, PATELKI cabang Bintuni, PMI Teluk Bintuni serta berbagai ormas seperti KNPI, Mangguni, Karang Taruna, IPTB dan Papua Youth Creative Hub (PYCH).

“Dalam kegiatan ini tercatat 43 orang anak telah disunat dan juga 10 orang pendonor serta ada beberapa yang melakukan pemeriksaan kesehatan sekaligus cek golongan darah,” terang dr. Willi, Jumat (18/8/2023).

Ia menambahkan, dalam rangkaian acara juga digelar kegiatan edukasi kesehatan kepada warga. Bagi para siswa di sekolah diadakan penyuluhan tentang penyakit, seminar kesehatan dan pemeriksaan laboratorium sederhana, seperti golongan darah, pemeriksaan malaria dan pemeriksaan lainnya. Sedangkan bagi orang dewasa  dilaksanakan pemeriksaan sesuai kebutuhan, seperti cek gula darah, kolesterol, asam urat dan layanan lain.

“Pemeriksaan rekam jantung (EKG) kami juga layani secara gratis. Kami bekerja sama dengan Klasis GKI Bintuni untuk melakukan pemeriksaan darah dan EKG  bagi pengurus klasis dan kepada bapak- ibu pendeta,” jelas Willi.

Sementara itu Ketua Panilia Pelaksana Bakti Sosial, Rudy, S.Kep Ns,  menyatakan bahwa kegiatan pelayanan  ini dilakukan sebagai wujud kontribusi serta pengabdian kepada masyarakat Kabupaten Bintuni. “Kami berharap kegiatan ini berdampak baik pada masyarakat. Ormas-ormas juga diharapkan agar ke depannya bisa saling berkolaborasi,” terangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.