Sukses

HUT ke-78 RI, Ini Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Bacaan teks proklamasi yang singkat itu ternyata memiliki makna mendalam.

Liputan6.com, Yogyakarta - Kemerdekaan Indonesia ditandai dengan dibacakannya teks proklamasi pada 17 Agustus 1945 oleh Presiden Pertama Indonesia Ir Soekarno dengan didampingi Wakil Presiden Pertama Indonesia Drs Moh Hatta. Teks proklamasi dibacakan di Jalan Pegangsaan Timur No.56, Jakarta.

Bacaan teks proklamasi yang singkat itu ternyata memiliki makna mendalam. Mengutip dari berbagai sumber, berikut makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia:

1. Sebagai Puncak Perjuangan

Makna pertama proklamasi adalah sebagai puncak perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia. Para pahlawan Indonesia telah banyak berkorban dalam menentang kaum penjajah.

Kemerdekaan pun menjadi hal yang sangat diharapkan oleh para pejuang agar bangsa Indonesia bisa segera mengakhiri penderitaannya. Kemerdekaan yang telah dicapai menjadi tahap akhir dari sejarah panjang perjuangan bangsa Indonesia.

2. Bebas dari Penjajahan

Proklamasi juga bermakna sebagai simbol bebasnya bangsa Indonesia dari penjajahan. Dengan kemerdekaan yang telah didapat, berarti bangsa Indonesia telah mendapat kebebasan dari segala macam bentuk penindasan dan penjajahan bangsa asing.

Sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat, maka bangsa Indonesia memiliki kebebasan untuk menentukan nasibnya sendiri. Indonesia juga bertanggung jawab mandiri dalam berbangsa dan bernegara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Revolusi Baru

3. Dimulainya Revolusi Baru

Dengan adanya proklamasi kemerdekaan Indonesia, berarti menandakan dimulainya sebuah revolusi baru. Revolusi baru terjadi karena adanya perubahan yang mendasar dan cepat. Hal ini berarti terjadi pemindahan kekuasaan negara dari penjajah ke negara yang merdeka dan berdaulat.

4. Berkah Tuhan Yang Maha Kuasa

Selain karena hasil perjuangan para pahlawan, proklamasi kemerdekaan Indonesia juga merupakan sebuah berkah dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Artinya, kemerdekaan Indonesia bukanlah sebuah hadiah yang diberikan penjajah Jepang sebagaimana yang dijanjikan.

Kemerdekaan Indonesia didapatkan atas pengorbanan jiwa, raga, maupun harta. Para pahlawan sangat berjasa di setiap pertumpahan darah bangsa Indonesia dalam melawan penjajahan.

5. Pintu Gerbang Menuju Masyarakat Adil dan Makmur

Makna lain dari proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia yaitu sebagai pintu gerbang bagi bangsa Indonesia untuk menuju masyarakat adil dan makmur. Hal ini berarti, kemerdekaan adalah sebuah fase penting yang harus dilalui untuk meneruskan perjuangan ke fase berikutnya.  

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini