Sukses

Referensi 6 Kampus Negeri di Sumatera Barat yang Bisa Jadi Pilihan

Berikut Liputan6.com rangkum deretan universitas negeri yang ada di Sumatera Barat.

Liputan6.com, Padang - Kuliah  di universitas negeri adalah hal yang diinginkan bagi kebanyakan calon mahasiswa baru. Di Sumatera Barat, terdapat sejumlah kampus negeri yang bisa menjadi pilihan.

Berikut Liputan6.com rangkum deretan universitas negeri yang ada di Sumatera Barat

1. Universitas Andalas (Unand)

Unand merupakan kampus yang banyak diincar para calon mahasiswa baru, tidak hanya di Provinsi Sumatera Barat tetapi juga di luar provinsi.

Universitas Andalas juga merupakan kampus yang telah mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada tahun 2018 berdasarkan Surat Keterangan Nomor 327/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018. Akreditasi tersebut berlaku hingga tanggal 4 Desember 2023.

Universitas ini juga telah punya Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (Satgas PPKS). Anda dapat menemukan kampus utama Unand ini di Jalan Limau Manis, Kec. Pauh, Kota Padang.

Universitas ini memiliki 15 fakultas, yaitu Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum, Fakultas Matematika & Ilmu, Pengetahuan Alam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Peternakan, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, Fakultas Teknik, Fakultas Farmasi

Kemudian Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Keperawatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Teknologi Informasi serta Fakultas Kedokteran Gigi.

2. Universitas Negeri Padang

Universitas Negeri Padang (UNP) adalah hasil konversi IKIP Padang menjadi Universitas pada tahun 1999 yang pada mulanya bernama perguruan tinggi pendidikan guru (PTPG) yang berdiri pada tanggal 23 Oktober 1954.

Kampus utama UNP terletak di kampus Air Tawar, Kota Padang. UNP terakreditasi Unggul Institusi dari BAN-PT.

UNP terdiri dari 9 fakultas dan 1 Pascasarjana yaitu, FakultasIlmu Pendidikan, Bahasa dan Seni, Matematika dan IPA, Ilmu Sosial, Teknik. Kemudian Fakultas Ilmu Keolahragaan, Ekonomi, Parawisata dan Perhotelan serta Fakultas Psikologi dan Kesehatan.

3. ISI Padang Panjang

Sesuai namanya, Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang terletak di Padang Panjang, Sumatera Barat. Universitas ini merupakan tempat yang menampung pelajar dengan minat bakat seni tinggi di daerah Sumatera.

Perguruan Tinggi ini sudah berakreditasi A (unggul) yaitu Perguruan tinggi yang memperoleh nilai atau skor 361 – 400 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Di kampus ini terdapat 2 fakultas, yaitu fakultas seni pertunjukan dan fakultas seni rupa dan desain dengan 22 Jurusan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh (PPNP)

Kampus PPNP ini terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Kampus ini sangat cocok bagi Kamu yang tertarik dibidang pertania.

Di sini terdapat 11 program yaitu studi Budidaya Tanaman Pangan, Agribisnis, Budi Daya Tanaman Hortikultura, Budi Daya Ternak serta Paramedik Veterinar.

Kemudian, Pengelolaan Agribisnis, Budidaya Tanaman Perkebunan, Pengelolaan Perkebunan, Tata Air Pertanian, Teknologi Pangan kemudian program studi Teknologi Mekanisasi Pertanian.

 

3 dari 4 halaman

5. Politeknik Negeri Padang (PNP)

Politeknik Negeri Padang (PNP) berlokasi di Jalan Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang. Kampus ini memiliki misi pada tahun 2025 Menjadi institusi pendidikan vokasional terbaik di Asia Tenggara, bermartabat, dan berwawasan internasional.

Di kampus PNP ini terdapat  7 fakultas yaitu Teknik Mesin, Elektro, Sipil, Fakultas Administrasi Niaga, Akutansi, Teknologi Informasi, serta Bahasa Inggris.

 

4 dari 4 halaman

6. Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar)

Poltekpel Sumbar meruapakan perguruan tinggi negeri pada Kementerian Perhubungan di bawah pembinaan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), yang berlokasi di Padang Pariaman.

Poltekpel Sumbar diresmikan oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia pada tanggal 09 Februari 2018. Di Poltekpel Sumbar ini terdapat 3 jurusan, yaitu D3 Nautika, D3 Teknologi Nautika, dan D4 Transportasi Laut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini