Sukses

Bertemu Menpora dan KONI, Edy Rahmayadi Minta Kepastian Anggaran PON XXI

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta kepastian kepada pemerintah pusat perihal anggaran dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 Sumut.

Liputan6.com, Medan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta kepastian kepada pemerintah pusat perihal anggaran dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 Sumut.

Hal itu disampaikan Edy Rahmayadi saat bertemu Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo di Medan pada Jumat, 4 Agustus 2023, malam.

Desakan itu disampaikan Edy Rahmayadi dalam Rapat Koordinasi Persiapan PON 2024 di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman Nomor 41, Medan, agar pemerintah daerah bisa mempersiapkan anggaran sesegera mungkin.

"Ini sangat penting, karena penganggaran tahun depan kita susun tahun ini. Itu relatif tidak singkat pengesahannya. Teman-teman gubernur lain juga butuh kepastian, karena mereka akan mengirim kontingennya," kata Edy Rahmayadi.

Ditanya soal stadion utama, Edy Rahmayadi mengatakan pembangunan akan dilakukan bulan depan atau September 2023. Sedangkan venue lainnya sedang dalam proses pembangunan.

"Martial art dan atletik di Desa Sena sudah mulai pengerjaannya. Kalau stadion, menurut keterangan Bu Esi dari PUPR akhir Agustus selesai tender, berarti bulan 9 bisa mulai bekerja," sebutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akui Persiapan PON Sumut Sudah Matang

Menpora Dito Ariotedjo mengakui persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 Sumut matang. Terutama persiapan anggaran sudah detail dan rinci.

Menpora yang lebih dikenal Dito Ariotedjo itu pun sempat meninjau langsung kesiapan Sumut terkait PON 2024. Dito Ariotedjo yang datang bersama Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman, menganggap Sumut benar-benar siap.

"Saya harus apresiasi, saya lihat persiapannya, perencanaanya matang, sangat siap, perkembangan pembangunannya setelah saya lihat sangat banyak," kata Menpora Dito Ariotedjo.

 

3 dari 3 halaman

Progres Sumut Menggembirakan

Hal lain ini juga diakui Ketua KONI Pusat, Marciano Norman, yang datang bersama rombongan Menpora.

"Hasil visitasi kami, progres Sumut sangat menggembirakan, progres pembangunan venue berjalan dengan baik, kita akan terus pantau," kata Marciano Norman.

Hadir pada rapat koordinasi Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting, Wakapolda Sumut, Brigjen Pol Jawari, serta Bupati/Wali Kota yang wilayahnya digunakan untuk PON 2024.

Hadir juga perwakilan dari Kementerian PUPR, PMK serta OPD terkait Pemprov Sumut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini